Thursday, April 25, 2024

Semarak 1 Abad NU, LP Ma’arif PBNU: Adaptasi dan Manfaatkan Perkembangan Zaman yang Positif

JAKARTA – Lembaga Pendidikan Ma’arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif PBNU) mengumumkan pemenang Kompetisi Inovasi Ma’arif tahun 2023, dirangkai dengan Seminar Internasional bertajuk “Menata Pendidikan Ma’arif untuk membangun Peradaban Bangsa” bersama seluruh pengurus PW LP Ma’arif NU seluruh Indonesia pada 6-7 Februari 2023.

Kegiatan yang diadakan LP Ma’arif PBNU ini ikut menyemarakkan peringatan 1 Abad NU yang puncaknya dihelat di Gelora Delta, Sidoarjo pada Selasa, 7 Februari 2023.

Ketua PBNU Ishfah Abidal Aziz mengatakan, Lembaga Pendidikan Islam harus berani berinvestasi, membangun dan mengembangkan inovasi. Termasuk dengan menyiapkan tempat lembaga pendidikan dengan kualitas dan mutu yang tinggi sebagai wadah bagi kader-kader dan generasi masa depan.

Ia juga menegaskan upaya meningkatkan mutu, serta kualitas sarana dan prasarana pendidikan Islam adalah tanggung jawab bersama, sehingga semua harus sensitif dan peka terhadap arah perubahan zaman.

“Salah satu tanggung jawab kita ke depan adalah harus terus berinovasi dan berinvestasi pada bidang-bidang pendidikan,” tegas Ishfah di Surabaya, Ahad (5/02/2023) siang.

Pada kesempatan sama, Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU (LP Ma’arif NU) PBNU Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, sebagai sebuah lembaga yang menata sumber daya manusia melalui proses pendidikan, maka proses kemajuan alat ukurnya tentu bukan sekadar pendidikan tetapi di situ ada perkembangan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, dan lain sebagainya.

“Namun segala bentuk pembangunan itu tidak akan bermakna apabila tidak diiringi dengan pendidikan,” ungkap Ramdhani.

Ia melanjutkan, kekuatan ilmu harus beradaptasi dengan dinamika zaman, menari bersama zaman tapi tidak larut dalam dinamika zaman. Lembaga pendidikan harus mengarahkan setiap perkembangan dari sebuah zaman.

“Ketika ada sesuatu hal yang baru tidak kemudian larut dalam kebaruan, tetapi harus mengarahkan ruang-ruang yang baru ini ke arah-arah yang baik, dalam hal ini dikorelasikan dengan visi 1 Abad NU yaitu merawat jagat memelihara yang lama dan membangun peradaban,” terangnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggara, Rektor UINSA Surabaya, Ahmad Muzakki menyampaikan terima kasih atas apresiasi berkenan memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk membangun kerjasama memajukan pendidikan Islam yang ada di Indonesia.

“Saya dan teman-teman dari UIN Sunan Ampel Surabaya akan melakukan hal yang terbaik untuk membangun sinergi kerjasama untuk memajukan pendidikan Islam di Indonesia,” tegas Muzakki.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer