Monday, April 22, 2024

Ganjar Usul Porseni NU Digelar Tiap Tahun

SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) digelar setiap tahun.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan dalam upacara penutupan Porseni NU 2023 di Gor Bhineka Sritex, Solo, Sabtu (21/1/2023).

Ganjar menyatakan, PORSENI NU yang pertama kalinya digelar ini berlangsung sukses.

Meskipun sempat terjadi insiden kecil seperti adanya sejumlah peserta yang cedera dan kesurupan, namun hal itu tidak menjadi penghalang berarti.

Suksesnya acara ini, kata dia, bisa terlihat dari semangat para peserta yang hadir di upacara penutupan.

“Saya senang tadi, saat Gus Nusron Wahid (Ketua Porseni NU 2023) menyampaikan daftar juara, itu saat diumumkan sangat bersemangat semua,” kata Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar pun bertanya-tanya kapan PORSENI NU selanjutnya akan digelar.

“Ini akan dilaksanakan tahun kapan lagi? Sekarang kita voting saja di sini,” kata dia.

Ganjar pun bertanya kepada seluruh peserta yang hadir, seberapa sering mereka ingin ajang PORSENI ini digelar.

Ternyata, mayoritas peserta mendukung agar PORSENI NU digelar setiap tahunnya.

“Siapa yang pengen dilaksanakan tiap tahun?” tanya Ganjar yang langsung disambut seruan tanda setuju dari para hadirin.

“Ternyata sangat luar biasa. Kayaknya tiap tahun saja, Gus” katanya.

Selanjutnya, Ganjar kembali bertanya apakah para peserta setuju jika PORSENI NU selanjutnya terus dipimpin oleh Nusron Wahid selaku ketua panitianya.

“Siapa yang setuju panitianya seumur hidup Nusron Wahid?” tanya Ganjar lagi-lagi disambut antusias oleh para peserta PORSENI NU 2023.

“Setuju, yasudah langsung kita tetapkan, jadi seumur hidup, tiap tahun panitianya Nusron Wahid. Biar Gus Nusron semangat terus mempersiapkan,” kata Ganjar disambut tawa dari Nusron.

Mengakhiri sambutannya, Ganjar pun mendoakan seluruh atlet dan peserta yang datang dari 34 Provinsi itu selamat saat menuju ke rumahnya masing-masing.

“Mudah-mudahan para delegasi seluruh atlet bisa pulang ke rumah masing-masing dengan selamat. Dan mudah-mudahan nanti bisa kembali lagi ke Jawa Tengah, ke Kota Solo, untuk mengenang peristiwa manis di sini,” kata Ganjar.

Daftar Pemenang

PORSENI NU 2023 di Solo berlangsung selama 13-22 Januari.
Sebanyak 3643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) berkompetisi menjadi yang terbaik.

Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun, atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.

Dalam PORSENI NU 2023 ini dipertandingkan beberapa cabang olahraga, yaitu: Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Voli dan Pencak Silat.

Ada juga perlombaan seni yakni: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), dan Hifdzul alfiyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah)

Hasilnya, PWNU Jawa Timur keluar sebagai juara umum dalam ajang PORSENI NU ini.

Tim PWNU Jatim berhasil meraih 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan.

“Urutan pertama adalah Jawa Timur, dengan mendapatkan 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu,” kata Ketua PORSENI NU 2023 Nusron Wahid, dalam upacara penutupan, Sabtu (21/1/2023).

Juara kedua yakni PWNU DKI Jakarta yang meraih 13 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu.

Penyerahan piala dan hadiah uang tunai pun langsung diserahkan kepada para pemenang usai upacara penutupan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyerahkan piala beserta hadiah uang tunai Rp 25 juta kepada PWNU Jateng selaku juara 3.

Selanjutnya, PWNU Jateng yang meraih juara 2 mendapatkan piala serta hadiah uang tunai Rp 50 juta. Hadiah diserahkan oleh Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Terakhir, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyerahkan piala serta uang tunai Rp 100 juta kepada PWNU Jawa Timur yang keluar sebagai juara pertama.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer