Monday, September 25, 2023

Presiden Jokowi Jalan Sehat 1 Abad NU: Rakyat Sehat Indonesia Kuat

SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti sampai akhir agenda Jalan Sehat Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di sekitaran Pura Mangkunegaran, Surakarta, pada Ahad (22/1/2023).

Ia mengatakan bahwa Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU dapat menyehatkan seluruh peserta yang didominasi warga NU se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta itu.

“(Jalan Sehat) yang akan membuat warga Nahdliyin sehat, seluruh warga negara kita sehat. Kalau rakyatnya sehat negaranya kuat,” kata Jokowi.

Ia juga mengapresiasi gelaran kegiatan Jalan Sehat yang digelar dalam rangka menyongsong atau memperingati Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU yang akan jatuh pada 16 Rajab 1444 hijriah atau 7 Februari 2023 mendatang.

“Saya mengapresiasi kegiatan Jalan Sehat yang diadakan dalam rangka 1 Abad NU ini,” tutur Jokowi.

Saat ditanya soal kontribusi yang dilakukan NU untuk bangsa Indonesia, Jokowi tak lagi meragukannya.

“Semua sudah tahu, kontribusi besar apa yang sudah diberikan NU,” katanya.

Uniknya, Cucu Presiden Joko Widodo atau putra Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Jan Ethes Srinarendra, berada di barisan paling depan.

Jan Ethes terlihat sangat bahagia mengikuti Jalan Sehat bersama kakek dan neneknya itu. Sesekali juga tampak ia menyeka keringatnya yang bercucuran.

Sepanjang perjalanan, Jokowi kerapkali menggandeng Jan Ethes dan selalu sumringah dengan melontarkan senyum dan lambaian tangan kepada para warga yang ada di pinggir jalan.

Jokowi juga memborong balon dalam jumlah yang banyak dari pedagang di pinggir jalan. Balon-balon itu, sepanjang jalan, dipegang oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Jalan Sehat ini dimulai dari depan gerbang Pura Mangkunegaran di Jalan Ronggowarsito, lalu ke arah barat hingga Jalan Wora-Wari, bertemu dengan Jalan Drenges III kemudian belok kiri.

Setelah belok kiri, peserta Jalan Sehat itu berada di Jalan Dr Sutomo, kemudian belok kiri bertemu dengan Jalan Slamet Riyadi. Lalu di perempatan KFC, belok kiri lagi ke Jalan Diponegoro hingga selesai di Pura Mangkunegaran.

Pada perjalanan dari dan ke Pura Mangkunegaran, Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf, Katib Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Lalu ada Wali Kota Surakarta, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anggota DPR RI Aria Bima, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Yenny Wahid, dan Ketua Panitia Porseni NU Nusron Wahid.

Di belakang para pejabat-pejabat itu, ada puluhan ribu orang yang merupakan masyarakat se-Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta atlet Porseni NU se-Indonesia.

Sebagai informasi, Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU ini merupakan acara rangkaian dari Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) NU yang diselenggarakan di Solo pada 14-21 Januari 2023. Sementara Porseni NU 2023 adalah kegiatan yang menjadi rangkaian dari Peringatan Harlah 1 Abad NU.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer