Thursday, April 25, 2024

Imbas Naiknya Elektabilitas, Puan Keliling Daerah untuk Serap Aspirasi Rakyat

EraKita.id – Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Pribowo mengatakan Puan Maharani melaksanakan kegiatan keliling daerah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat sebagai Ketua DPR RI, bahwa kemudian berimbas pada dukungan atau elektabilitas itu tentu persepsi publik.

“Selama ini kan Mbak Puan selalu menyampaikan bahwa dia menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR, jadi jangan bicara Capres-capresan. Jadi ini bagian dari Mbak Puan menjalankan fungsinya sebagai Ketua DPR, saya melihatnya seperti itu. Bahwa ada imbas seperti itu (naiknya elektabilitas), itu kan persepsi publik ya bahwa Mbak Puan sebagai Ketua DPR selama ini care kepada masyarakat bawah,” lanjut Johan di sela-sela kegiatan studi banding pimpinan DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Jatim ke DPD PDI Perjuangan Jateng, yang diadakan di Panti Marhen, Kota Semarang, Minggu (24/7/2022).

Menurut Johan Budi, Puan Maharani tidak terlalu suka publikasi.

“Ke daerah itu memang dalam rangka menyerap aspirasi kemudian menyelesaikan problem yang ada di bawah, sebagai ketua DPR,” imbuh anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Sebagai seorang pemimpin, Johan Budi melihat Puan Maharani itu sudah tergembleng.

“Artinya sudah banyak yang dilalui oleh Mbak Puan, dari menjadi anggota DPR biasa, lalu menjadi ketua fraksi partai terbesar, kemudian Mbak Puan pernah menjadi Menko PMK, dan sekarang Ketua DPR. Ini kan membutuhkan kapasitas dan kapabilitas seorang pemimpin,” jelas Johan Budi.

“Saya selalu melihat seorang pemimpin itu harus dilihat dari track record yang bersangkutan, saya melihat Mbak Puan ini dari perjalanan karir dia sudah teruji dan menempati pos-pos yang membutuhkan kapasitas dan kapabilitas seorang pemimpin. Itulah mengapa saya katakan Mbak Puan layak menjadi calon presiden” ujarnya lagi.

Johan Budi juga mengingatkan jika ingin memilih pemimpin bangsa dan negara ini harus berdasarkan rekam jejak atau track record dari kemampuan yang dimiliki sebelumnya.

Dimana, menurutnya, Mbak Puan Maharani dalam perjalanan karirnya selain sebagai Ketua DPR RI, beliau juga sebagai Ketua DPP partai yang memenangi Pemilu tahun 2014 dan 2019. Itu artinya, Puan Maharani memiliki kemampuan mengelola partai besar serta memimpin sebuah lembaga tinggi negara.

“Kalau menurut pendapat pribadi saya mbak Puan sangat layak jadi capres yang diusung PDIP di Pemilu 2024,” ujar Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Johan Budi SP itu.

Sebelumnya Analis Digital marketing politik Bambang Haryanto menilai popularitas dan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani saat ini menunjukkan kenaikkan yang cukup signifikan. Salah satu faktor pemicunya adalah langkah Puan mengelilingi daerah-daerah di Indonesia.

Safari keliling nusantara yang dilakukan oleh cucu Proklamator Bung Karno itu, menurut Bambang makin memperlihatkan karakter kepemimpinan yang merakyat yang mungkin selama ini banyak dipertanyakan masyarakat. (*)

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer