Saturday, May 4, 2024

R20 ISORA Akan Lahirkan Solusi-solusi untuk Perdamaian Dunia dan Peradaban

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama kembali menggelar hajatan penting dunia. Kali ini adalah Forum R20 International Summit of Religious Authorities (R20 ISORA) di Hotel Park Hyatt Jakarta, Senin (27/11/2023)

R20 ISORA mengangkat tema Peran Agama dalam Mengatasi Kekerasan di Timur Tengah dan Ancaman terhadap Tatanan Internasional Berbasis Aturan. Gagasan pelaksanaan ISORA dilatarbelakangi dengan peristiwa di Gaza pada 7 Oktober 2023 lalu.

Kegiatan ini sangat penting, karena diikuti para pemimpin agama yang tergabung dalam jaringan R20, yang telah sepakat mendorong solusi nyata agar konflik yang terjadi di Gaza dapat diselesaikan dalam waktu sesegera mungkin.

R20 ISORA akan terbagi menjadi 5 sesi acara, yaitu; Sesi 1 (Pembukaan Pleno), Sesi 2 (Pleno Kedua), Sesi 3 (Pleno Ketiga), Sesi 4 (Kesimpulan Seluruh Pleno), dan Sesi 5 (Ramah Tamah dan Makan Malam).

Ketua Pelaksana R20 ISORA Ahmad Ginanjar Sya’ban mengatakan, dari total 150 tersebut, 30 di antaranya dari luar negeri. Mereka mewakili Timur Tengah, Eropa, Amerika, Asia, dan ASEAN.

“Para partisipan, pembicara dari luar negeri ada 30 orang itu sudah konfirmasi hadir dari Timur Tengah, Eropa, Amerika, termasuk dari Asia dan dari ASEAN,” kata Ginanjar.

ISORA bakal menghadirkan empat narasumber kunci, yakni (1) Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, (2) Grand Syekh Al-Azhar Syekh Ahmad al-Thayyeb, (3) Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed bin Abdul Karim al-Issa, dan (4) Sekretaris Jenderal Majelis Hukama Muslimin Muhammad bin Abdul Salam.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer