Friday, May 3, 2024

DPR Kenakan Syal Dukungan pada Palestina saat Rapat Paripurna

JAKARTA – Para Anggota DPR mengenakan syal dukungan kepada Palestina saat Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024, di Gedung pada Selasa (31/10/2023).

Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan, konflik bersenjata yang terjadi antara Israel dengan kelompok Palestina Hamas yang telah menewaskan ribuan orang membuat pihaknya terus mendorong pemerintah Indonesia mengupayakan penyelesaian.

“DPR-RI Mendorong pemerintah untuk mengambil langkah-langkah diplomasi dalam mendukung penyelesaian yang adil bagi Palestina, serta terus menyuarakan pengakuan internasional terhadap kedaulatan dan kemerdekaan rakyat Palestina,” tegasnya.

Puan menjelaskan DPR RI akan melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai negara, yaitu Korea Selatan, Afrika Selatan, Polandia, serta Uni Eropa.

“DPR RI akan terus berupaya untuk dapat melaksanakan tugas diplomasi antar parlemen, sehingga Indonesia memiliki posisi politik luar negeri yang semakin kuat,” imbuh dia.

Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga merespons eskalasi konflik Israel-Palestina yang terus menguat. Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) berencana menggelar pertemuan dengan tokoh agama dari pelbagai dunia.

“Kami ingin menggalang kekuatan agama-agama bersama-sama, bukan cuma umat Islam saja, tapi semua agama, bahwa sekarang ini kami ingin dunia melihat bahwa agama-agama seluruhnya, atas nama ketuhanan, kemanusiaan, moralitas dan etika universal, kami bersatu untuk meng-address, untuk bergerak bersama dalam upaya mengatasi masalah ini,” kata Gus Yahya, dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa.

Juru bicara era Presiden Gus Dur itu mengatakan, PBNU akan memfasilitasi forum internasional untuk menggalang kekuatan para pemimpin agama yang memiliki wewenang dari pelbagai penjuru dunia dalam Religion 20 International Summit of Religius Authority (R20 ISORA) di Jakarta, 27 November 2023 mendatang.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer