Thursday, April 25, 2024

13 Agustus, Gerindra Deklarasikan Prabowo Capres 2024 & Koalisi dengan PKB

EraKita.id – Partai Gerindra mengonfirmasi Prabowo Subianto bakal mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024 melalui dapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar pada 13 Agustus mendatang, dan deklarasi tersebut sekaligus meresmikan koalisi Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar.

Pihak Gerindra mengatakan partainya sudah mengantongi nama cawapres untuk Prabowo, meski belum dapat dipastikan apakah pendamping Prabowo itu Muhaimin atau orang lain.

Mungkinkah kali ini impian Muhaimin jadi calon wakil presiden kesampaian? Jika bukan Muhaimin, siapa gerangan yang berhasil memikat Prabowo?

Resmikan koalisi

Selain mendeklarasikan pencapresan Prabowo, Rapimnas Gerindra rencananya juga akan meresmikan koalisi antara partai berlambang kepala Garuda itu dengan PKB.

“Pertemuan dengan pihak PKB kemarin itu juga sudah kesepakatan, akhirnya kemudian rapimnas pencapresan dan pengumuman koalisi akan dilakukan pada tanggal 13 Agustus, hitung-hitungan hari baiknya begitu,” kata Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Sebagaimana diketahui, elite Gerindra dan PKB telah beberapa kali menggelar pertemuan sejak pertengahan Juni lalu. Keduanya sepakat untuk bekerja sama pada Pemilu 2024 dengan membentuk koalisi.

“Alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan,” kata Prabowo usai bertemu dengan Muhaimin Iskandar dan elite PKB lainnya di kediamannya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2022).

PKB sempat menyebutkan, kongsi antara partainya dan Gerindra dinamai Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.
“Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain untuk menuju suksesnya pilpres, suksesnya pilkada, dan susksesnya pileg di 2024,” kata Cak Imin, demikian sapaan akrab Muhaimin, usai bertemu dengan Prabowo.

“Dan kita PKB dan Gerindra, visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” tuturnya.

Belum umumkan cawapres Rapimnas Gerindra rencananya juga akan dihadiri oleh Cak Imin mewakili PKB. Namun begitu, Gerindra memastikan, Imin tak akan serta merta diumumkan sebagai calon wakil presiden Prabowo. Menurut Gerindra, cawapres Prabowo akan ditentukan melalui forum lainnya.

“Menurut aturan kita itu soal cawapres akan ada forum lagi, sehingga nanti setelah ini ya kita akan adakan lagi forum-forum yang akan diatur menurut anggaran dasar kita,” ujar Sufmi Dasco.

Dasco mengatakan, Gerindra dan PKB belum memutuskan apakah akan menduetkan Prabowo dengan Muhaimin sebagai pasangan capres cawapres. “Kita lihat saja nanti,” katanya. Awal Juli lalu Dasco sempat menyatakan bahwa partainya sudah mengantongi nama pendamping Prabowo.

Namun, dia tak mengungkapkan siapa sosok itu. “Saya tidak bisa bicara, mengenai masalah cawapres lebih lanjut, karena sesuai anggaran dasar hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas. Walaupun nama sudah di kantong,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/7/2022). (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer