Friday, May 17, 2024

Sudan Membara, Bentrok Tewaskan 150 Orang Lebih

JAKARTA – Setidaknya 150 orang tewas selama dua hari pertempuran dalam bentrokan etnis terbaru atas sengketa tanah di negara bagian Nil Biru selatan Sudan.

Pertumpahan darah ini yang terburuk dalam beberapa bulan terakhir dan orang banyak turun ke jalan-jalan di ibu kota negara bagian Blue Nile, Damazin, sebagai protes pada Kamis, meneriakkan slogan-slogan yang mengutuk konflik yang telah menewaskan ratusan orang tahun ini.

“Total 150 orang termasuk wanita, anak-anak dan orang tua tewas antara Rabu dan Kamis,” kata Abbas Moussa, kepala rumah sakit Wad al-Mahi. “Sekitar 86 orang juga terluka dalam kekerasan itu.”

Bentrokan di Blue Nile pecah pekan lalu setelah dilaporkan adanya pertengkaran atas tanah antara anggota suku Hausa dan kelompok-kelompok saingan dengan penduduk.

Dilaporkan ada ratusan orang melarikan diri dari tembakan senjata yang intens, juga pembakaran rumah-rumah.

Pertempuran itu berpusat di sekitar daerah Wad al-Mahi dekat Roseires, 500 km (310 mil) selatan ibu kota Khartoum.

Pada hari Kamis, ratusan orang berbaris melalui Damazin, beberapa menyerukan agar gubernur negara bagian itu dipecat. “Tidak, tidak untuk kekerasan,” teriak para demonstran.

Eddie Rowe, kepala bantuan PBB untuk Sudan, mengatakan dia “sangat prihatin” tentang bentrokan yang terus berlanjut, melaporkan “170 orang yang belum dikonfirmasi telah tewas dan 327 terluka” sejak kerusuhan terbaru dimulai pada 13 Oktober.

Blue Nile Terguncang Oleh Kekerasan Etnis

Bentrokan suku yang meletus pada Juli menewaskan 149 orang pada awal Oktober. Pekan lalu, pertempuran baru menewaskan 13 orang lagi, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Pertempuran Juli melibatkan Hausa, sebuah suku dengan asal-usul di Afrika Barat, dan orang-orang Berta, menyusul sengketa tanah. Pada Kamis, sebuah kelompok yang mewakili Hausa mengatakan mereka telah diserang oleh orang-orang yang bersenjatakan senjata berat selama dua hari terakhir, tetapi tidak menyalahkan suku atau kelompok tertentu atas serangan itu.

Hausa mengeluarkan pernyataan yang menyerukan de-eskalasi dan penghentian “genosida dan pembersihan etnis Hausa”. Suku itu telah lama terpinggirkan dalam masyarakat Sudan, dengan kekerasan bulan Juli memicu serangkaian protes Hausa di seluruh negeri.

Nil Biru adalah rumah bagi lusinan kelompok etnis yang berbeda, dengan ujaran kebencian dan rasisme yang sering mengobarkan ketegangan suku selama beberapa dekade.

OCHA tidak memiliki konfirmasi tentang lonjakan korban terbaru tetapi mengatakan kekerasan itu telah menelantarkan setidaknya 1.200 orang sejak pekan lalu.

Kemudian Kamis, kelompok pro-demokrasi akar rumput di Sudan yang dikenal sebagai Komite Perlawanan menyalahkan penguasa militer negara itu atas apa yang dikatakannya sebagai kurangnya keamanan di Blue Nile, menuduh mereka tidak melindungi kelompok etnis.

OCHA juga mengatakan bentrokan suku di dekat provinsi Kordofan Barat, yang pecah pekan lalu, menewaskan 19 orang dan melukai puluhan lainnya. Baku tembak di sana antara kelompok etnis Misseriya dan Nuba meletus di tengah sengketa tanah di dekat kota Al Lagowa.

Gubernur negara bagian Kordofan Barat mengunjungi kota itu pada hari Selasa untuk berbicara dengan penduduk dalam upaya untuk meredakan konflik sebelum mendapat tembakan artileri dari daerah pegunungan terdekat, kata OCHA.

“Pertempuran di Kordofan Barat dan negara bagian Nil Biru berisiko menyebabkan pengungsian lebih lanjut dan penderitaan manusia,” kata OCHA. “Ada juga risiko eskalasi dan penyebaran pertempuran dengan konsekuensi kemanusiaan tambahan.”

Pada hari Rabu, tentara Sudan menuduh Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan-Utara, sebuah kelompok pemberontak yang aktif di Nil Biru dan Kordofan Selatan, berada di balik serangan di Al Lagowa. Kelompok pemberontak belum menanggapi tuduhan itu.

Kekerasan di Kordofan Barat mendorong sekitar 36.500 orang melarikan diri dari Al Lagowa sementara banyak yang tetap mencari perlindungan di pangkalan militer kota, OCHA menambahkan. Daerah itu saat ini tidak dapat diakses oleh bantuan kemanusiaan, kata badan tersebut.

Eisa El Dakar, seorang jurnalis lokal dari Kordofan Barat, mengatakan kepada The AP pekan lalu bahwa konflik di sana sebagian berakar pada klaim dua kelompok etnis yang saling bertentangan atas tanah lokal, dengan Misseriya yang didominasi komunitas penggembala dan Nuba sebagian besar petani.

Sebagian besar Kordofan dan daerah lain di Sudan selatan telah diguncang oleh kekacauan dan konflik selama dekade terakhir.

Sudan telah dilanda kekacauan sejak kudeta Oktober lalu yang menjungkirbalikkan transisi demokrasi singkat negara itu setelah tiga dekade diperintah oleh Omar al-Bashir. Dia digulingkan dalam pemberontakan rakyat April 2019, membuka jalan bagi pemerintah pembagian kekuasaan sipil-militer.

Banyak analis menganggap meningkatnya kekerasan sebagai produk dari kekosongan kekuasaan di wilayah tersebut, yang disebabkan oleh kudeta militer Oktober lalu. Kekerasan juga semakin mengancam ekonomi Sudan yang sudah berjuang, diperparah oleh kekurangan bahan bakar yang sebagian disebabkan oleh perang di Ukraina. (Al Jazeera)

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer