Saturday, May 18, 2024

Malam Haul Bung Karno, Puan Ceritakan Kedekatan Bung Karno Dengan Ulama

EraKita.id – Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, kegiatan tahlil dan lantunan salawat bersama Majelis Ta’lim dan Salawat Syubbanul Muslimin untuk mengenang wafatnya Proklamator RI, Soekarno (Bung Karno).

“Jadi kita mengadakan doa bersaama yang dipimpin KH Hafidzul Hakiem Noer yang berasal dari Probolinggo, namun yang hadir dalam kesempatan ini ada dari beberapa kabupaten/kota dari Jawa Timur,” kata Puan di Kompleks Masjid At-Taufiq, Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Hamka Haq, serta Majelis Taklim dan Sholawat Syubbanul Muslimin. Pendiri Syubbanul Muslimin KH Hafidzul Hakiem Noer atau akrab disapa Gus Hafidz memimpin majelis itu.

Puan mengatakan, kegiatan haul Bung Karno sengaja dipusatkan di Masjid At-Taufiq yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi. Dia berharap, doa-doa baik terus mengalir kepada bapak bangsa tersebut dari ulama dan masyarakat. Dan nantinya, Masjid ini juga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Puan kemudian menyampaikan pesan Megawati Soekarnoputri untuk malam haul Bung Karno. Pesan yang disampaikan Megawati adalah pesan monumental yang pernah diucapkan oleh Bung Karno.

“Tentu saja kita Jas Merah, jangan sekali-sekali melupakan sejarah, bahwa Bung Karno merupakan salah satu pahlawan yang bisa memerdekan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Puan kemudian menceritakan kedekatan Bung Karno dengan para ulama. Selain memiliki kedekatan dengan kalangan nasionalis, Bung Karno disebutnya sangat menghormati peran ulama dalam kemerdekaan RI.

“Dan hubungan antara Bung Karno yang nasionalis dengan para Kiai, dengan kiai-kiai dari NU dan muhammadiyah itu harus tetap dijalin silaturahminya,” ucapnya.

“Dan insyaallah besok selain kita memperingati hari wafatnya Bung Karno, sekaligus juga PDIP akan melaksanakan rakernas,” imbuh perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu.

Puan sangat percaya, Rakernas II PDIP yang berlangsung besok dapat berjalan sukses, karena diawali dengan lantunan salawat.

“Jadi insyaallah semua bisa berjalan dengan baik dan lancar, karena disertai dengan doa-doa yang baik,” pungkasnya. (*)

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer