Thursday, April 25, 2024

Relawan Anies Bentuk Badan Koordinasi Saksi untuk Amankan Suara

JAKARTA — Relawan bakal calon (balon) presiden Anies Baswedan siapkan relawan penggerak untuk menjadi saksi di Pilpres 2024.

Selain sebagai saksi, relawan penggerak ini pun akan mendorong elektabilitas Anies Baswedan. Apalagi saat ini, sudah ribuan orang yang mendaftarkan diri ikut bergabung.

“Bakorsi atau Badan Koordinasi Saksi adalah upaya relawan Anies untuk merekrut relawan penggerak,” kata Inisiator Forkom yag membuat tim kerja Bakorsi, Tatak Ujiyati, Senin (17/7/2023).

Dijelaskannya, relawan penggerak ini bertujuan meningkatkan popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan, serta mengawasi proses pemilu dan pilpres agar berjalan jujur dan adil. Mereka juga akan menjadi saksi pada saat pencoblosan Pilpres 2024.

Menurut Tatak, Bakorsi dibuat secara berjenjang. Dibentuk tim 100 pada level nasional, provinsi, demikian seterusnya sampai desa. “Saat ini sudah dikukuhkan Tim 100 Nasional dan Tim 100 di 3 Provinsi yaitu Sulsel, Jateng, Jabar,” ungkapnya.

Tatak melihat animo masyarakat mendukung Anies Baswedan luar biasa. Mereka aktif mendaftar menjadi anggota Bakorsi. “Yang dibutuhkan 100 orang di tiap jenjang tetapi yang mendaftar hampir 500 orang. Padahal kami tidak memberikan fasilitas apapun,” kata Tatak.

Ditambahkan pula, karena Bakorsi dibuat secara sistematis berjenjang, maka yang mendaftar bukan menekankan pada banyaknya relawan, tapi aktif selektif. “Sudah ada nasional dan 3 provinsi . Jadi anggotanya ada 400-an orang yang berasal dari kira-kira 150 simpul relawan,” ungkap Tatak.

Pembina Badan Koordinasi Saksi {Bakorsi) Anies Baswedan, Tamsil Linrung, mengatakan penyiapan saksi ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan yang bisa saja terjadi di Pilpres 2024. “Kecurangan akan bisa kita redam jika kita memiliki saksi yang kuat,” kata Tamsil.

Penyiapan saksi ini, lanjut Tamsil, akan diikuti dengan pelatihan-pelatihan. Sehingga relawan Anies yang akan menjadi saksi Pilpres 2024 memiliki kemampuan mumpuni untuk mengantisipasi kecurangan.

Bakorsi menargetkan semua TPS di Indonesia bisa diawasi minimal 3 orang saksi dari capres Anies Baswedan. Sehingga diperkirakan ada 2.400.000 saksi yang akan disiapkan Bakorsi. “Bahkan jika maksimal bisa 5 saksi per TPS,” ungkap Wakil Ketua MPR ini.

Penyiapan saksi menjadi fokus para relawan Anies, kata Tamsil, didasarkan pada pengalaman-pengalaman di pemilu, serta adanya informasi tentang kemungkinan adanya kecurangan. “Kita akan hadapi dengan penyiapan saksi yang kuat,” kata wakil daerah dari dapil Sulawesi Selatan ini.

Penyiapan saksi menjadi fokus para relawan Anies, kata Tamsil, didasarkan pada pengalaman-pengalaman di pemilu, serta adanya informasi tentang kemungkinan adanya kecurangan. “Kita akan hadapi dengan penyiapan saksi yang kuat,” kata wakil daerah dari dapil Sulawesi Selatan ini.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer