Thursday, April 25, 2024

Festival Olahraga Nasional, Kabupaten Bandung Adakan Gebyar Senam Perwatusi

BANDUNG – Ribuan orang mengikuti Gebyar Senam Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) dalam rangkaian pelaksanaan ke-7 Festival Olahraga Nasional (FORNAS) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/7/23).

Dalam kesempatan itu hadir Bupati Bandung, Dadang Supriatna, wakil dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Ketua Umum Perwatusi, Anita A Hutagalung beserta jajaran pengurus DPP Perwatusi.

“Perwatusi sebagai bagian dari organisasi di bawah naungan Komite Olahraga Masyarakat Indoensia (KORMI), berperan serta  dengan melakukan Lomba Senam Perwatusi untuk berbagai Kategori yang melibatkan 3 kluster usia, yaitu Usia Remaja, Dewasa dan Lansia. Pada kesempatan Fornas ini,” kata Anita A Hutagalung.

Dijelaskannya, pada hari ini Perwatusi melakukan eksibisi berupa Gebyar Senam Perwatusi sebagai bagian dari tanggung-jawab Perwatusi untuk berperan aktif menyehatkan bangsa agar memiliki tulang yang kuat serta produktif kini dan nanti

Ketua Umum Perwatusi, Anita A Hutagalung mengatakan bahwa membangun komunitas masyarakat peduli Osteoporosis merupakan tujuan utama dari kehadiran Perwatusi di Indonesia. Untuk itulah Perwatusi berkerja bersama dengan pemerintahan daerah dan kota bersama-sama terus memberikan pengetahuan tentang pentingnya melakukan aktivitas olahraga sebagai salah satu langkah untuk menjaga kekuatan tulang juga kesehatan jantung dan paru.

“Perwatusi akan terus berada di tengah masyarakat di seluruh Indonesia sebagai pendamping masyarakat bertulang kuat,” tegas Anita.

Dikatakannya, Jawa Barat adalah kali kedua Perwatusi melakukan Gerakan Jawa Barat melawan Osteoporosis yang kali  ini dikemas dalam Gebyar Senam Perwatusi sebagai ajang memeriahkan pelaksanaan ke-7 Fornas di Kabupaten Bandung, Jawa barat.

“Tentu kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua DPD Perwatusi Jawa Barat, Ibu Lina Marlina Ruzhan yang bekerja keras mendukung acara besar ini,” kata Anita A Hutagalung.

Dalam kesempatan itu Lina Ruzhan, istri Wakil Gubernur Jawa Barat, menyatakan bahwa memiiki sumber daya manusia terutama ibu-ibu yang memiliki tulang  kuat dan sehat merupakan hal pokok agar kaum wanita terus dapat memberikan kontribusi bagi keluarga maupun masyarakat di Jawa Barat.

“Ibu-ibu yang sehat dan bertulang kuat akan menjadi kunci keluarga dan masyarakat yang sehat pula,” kata Lina Ruzhan.

Program Gerakan Jawa Barat melawan Osteoporosis yang digagas Perwatusi untuk menyehatkan masyarakat, terselenggara berkat dukungan sejumlah pihak, salah satunya Entrasol dari Kalbe Nutritionals. “Entrasol sebagai brand yang peduli akan kesehatan otot, tulang, dan jantung.

“Entrasol turut mendukung Perwatusi dalam upaya pencegahan osteoporosis di Indonesia. Entrasol Gold sebagai nutrisi tinggi kalsium yang dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun, merupakan nutrisi yang diberikan kepada seluruh peserta dalam kegiatan ini, beserta pemeriksaan kepadatan tulang kepada peserta,” kata Stephen Gunawan, selaku Brand Manager Entrasol.

Melalui kegiatan ini, jelasnya, Entrasol berharap dapat mendukung pencegahan osteoporosis serta menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung masyarakat Indonesia agar tetap aktif dan fit.

Dukungan Gebyar Senam Perwatusu juga didukung oleh Le Minerale dari Mayora, Purnomo Yusgiantoro Center, Yayasan Del, Bapak Farhat Brachma yang terus bersama Perwatusi dalam berbagai programnya.

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) adalah sebuah perkumpulan nirlaba, anggota dari Internasional Osteoporosis Foundation, yang memiliki kepedulian atas penyakit yang diderita  3 dari 5 wanita didunia yaitu Keropos Tulang atau Osteoporosis.

Dalam perjalanan waktu sejak berdiri pada tahun 2002 Perwatusi memiliki program kerja yang terukur untuk mendampingi masyarakat Indonesia agar mengerti  apa dan bagaimana cara efektif untuk menghindarkan Osteoporosis secara dini yang pada akhirnya menurunkan produktifas warga  terdampak Osteoporosis.

Tanggal 23 Oktober 2021 Perwatusi bersama pemerintah pusat melakukan Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang dicananangkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Bapak Prof.KH. Ma’ruf Amin di Jakarta. Sebagai bentuk kepedulian Perwatusi dan pemerintah akan pentingnya melakukan langkah langkah efektif dan terstruktur untuk mencegah penyakit yang tidak memiliki gejala ini tapi berdampak bagi seluruh rakyat Indonesia yang memiliki cita-cita Indonesia Sehat dan produktif.

Setelah  itu, ditahun 2022, Perwatusi  melakukan Gerakan Daerah Melawan Osteoporosis di 6 provinsi di seluruh Indonesia dan akan dilanjutkan keberbagai provinsi lainnya sebagai wujud pengejawantahan program Gerakan Indonesia melawan Osteoporosis. Di tahun 2023 juga akan dilanjutkan di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer