Thursday, April 25, 2024

Idul Adha 1444 H, Puan Maharani: Tingkatkan Solidaritas dan Keadilan

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh umat muslim memaknai momen Idul Adha 1444 Hijriah, dengan semangat pengorbanan yang akan mendorong untuk saling berbagi beban.

Dengan begitu, kata Puan, Idul Adha atau hari raya kurban akan meningkatkan rasa solidaritas dan keadilan ditengah masyarakat.

“Idul Adha adalah momen penuh makna dimana umat muslim di seluruh dunia mengenang dan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim atas kesetiaannya kepada Allah SWT,” tutur Puan, Rabu (28/6/2023).

Selain itu, perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI ini juga menyatakan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

“Melalui semangat Idul Adha kita tingkatkan gotong royong, rasa solidaritas dan keadilan serta memperkuat kerukunan antar umat beragama,” ujarnya.

Dalam momen Idul Adha, ia menekankan pentingnya menjalankan nilai-nilai sosial dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Salah satu catanya dengan memberikan hewan kurban sebagai perwujudan rasa syukur dan meningkatkan iman dan taqwa.

“Keikhlasan dalam berkurban merupakan wujud rasa syukur dalam meningkatkan taqwa kita kepada Sang Pencipta,” papar Puan.

Cucu Bung Karno ini menambahkan, dalam momen berkurban, umat Muslim akan berkumpul untuk saling berbagi, membantu yang membutuhkan, dan menyumbangkan daging qurban kepada mereka yang kurang beruntung.

“Dengan status endemi, masyarakat dapat melanjutkan tradisi ini dengan penuh semangat dan kepedulian, namun tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan,” tambahnya.

Di sisi lain, ia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memperkuat semangat keadilan. Ia menekankan bahwa keadilan adalah landasan utama bagi kemajuan bangsa, dan tanpa keadilan, kesejahteraan masyarakat sulit tercapai.

“Pada Idul Adha ini, mari kita perkuat semangat keadilan di negara ini. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melawan segala bentuk ketidakadilan. Mari kita bahu-membahu membangun Indonesia yang adil bagi semua rakyatnya,” tegas mantan Menko PMK tersebut.

Terakhir, Idul Adha ini diharapkan Puan menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan dan memperkuat solidaritas serta keadilan antar sesama dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang penuh berkah dan kebahagiaan,” sebutnya.

Puan juga mengungkapkan rasa syukur menyusul pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia. Perubahan status dari pandemi menjadi endemi menjadi berkat istimewa dalam momen perayaan Idul Adha 2023.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer