Thursday, April 25, 2024

Gus Falah Anggap PLN Sukses Beradaptasi dengan Zaman

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) menilai PT PLN (Persero) mampu beradaptasi dengan semangat kemajuan zaman.

Buktinya, perusahaan power plant milik negara ini mampu menurunkan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen di 2022.

Menurut Gus Falah, keberhasilan yang merupakan ‘buah’ dari transformasi PLN pada aspek layanan pelanggan ini, menunjukkan BUMN itu mampu beradaptasi dengan era revolusi industri 4.0 yang berbasis digitalisasi.

“Bahkan, jika kita lihat trend dunia yang bergerak ke arah Revolusi Industri 5.0, saya optimis PLN juga bisa bersenyawa dengan era baru yang berbasis pada peningkatan otomatisasi dan digitalisasi,” papar Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/6/2023).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, inovasi yang merupakan hasil dari transformasi digital PLN seperti Super Apps PLN Mobile telah mempermudah layanan pelanggan.

Walhasil, berbagai gangguan yang dialami masyarakat pelanggan PLN pun bisa lekas ditanggulangi.

Dari sisi PLN, lanjut Gus Falah, PLN juga bisa memetik manfaat berupa efisiensi dalam pelayanan terhadap pelanggan.

PLN mencatat pada 2022, System Average Interruption Duration Index (SAIDI) atau rata-rata durasi gangguan telah diturunkan sebanyak 122,8 menit per pelanggan.

PLN juga sukses menekan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) atau rata-rata frekuensi gangguan sebanyak 1,38 kali per pelanggan.

“Jadi proses di layanan pelanggan PLN yang sebelumnya ‘ribet’ karena dilakukan secara manual, menjadi penuh kemudahan setelah adanya PLN Mobile, ini menguntungkan masyarakat sekaligus PLN,” pungkas Gus Falah.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer