Monday, April 22, 2024

Hamka Haq Sebut Mendiang Taufiq Kiemas Pribadi yang Murah Senyum dan Dermawan

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Hamka Haq mengatakan, perayaan Haul ke-10 wafatnya mendingan Dr (HC) H. M. Taufiq Kiemas dan tujuh malam wafatnya Wafatnya Bambang Sukmono Hadi (Mertua dari Puan Maharani) memiliki makna yang sangat mendalam.

Menurut Hamka, setidaknya ada tiga makna dan manfaat yang bisa dipetik dari peringatan Haul ke-10 wafatnya tokoh bangsa Taufiq Kiemas tersebut.

Pertama, mengingatkan pada kita bahwa semua yang hidup akan meninggal; Kedua, belajar dan mencontoh keteladanan dari mendiang Taufiq Kiemas; Ketiga beramal dari bacaan dan doa yang telah dipanjatkan.

“Kita mengadakan Haul ke-10 Wafatnya Mendiang Taufiq Kiemas adalah sekaligus kita mengingat kematian. Bahwa pada suatu saat pasti kalau kita beruntung pada saatnya nanti orang yang mengadakan haul untuk kita,” ujar Hamka Haq.

Ia juga menjelaskan bahwa Rasulallah SAW mengajarkan agar kita memperbanyak mengingat kematian. Kita diajarkan untuk memutus kesenangan-kesenangan duniawi, menuju kesenangan ukhrawi.

“Kita mengambil hikmah bahwa dengan mengingat kematian kita akan termotivasi melakukan amal shalih dan meninggalkan larangan,” jelas Hamka Haq.

Adapun terkait Hikmah kedua dari Haul ke-10 wafatnya Taufiq Kiemas adalah, agar kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari perjalanan hidup beliau.

“Agar kita mengenang jasa-jasa beliau. Mengenang sejarah hidup beliau. Apa yang baik telah dilakukannya akan kita ingat dan akan meneruskannya,” lanjutnya.

Menurut Hamka Haq, Taufiq Kiemas adalah pribadi yang sangat baik dan harus menjadi teladan bagi bangsa Indonesia.

“Bapak Taufiq Kiemas adalah orang yang murah senyum, oang yang dermawan, dan mudah bergaul dengan segala pihak. Sangat jarang orang seperti itu. Dermawan,” tegas Hamka Haq.

Hikmah yang ketiga, jelas Hamka Haq, bahwa dari doa dan bacaan tahlil yang dipanjatkan ini akan sampai kepada mendiang, kemudian akan bermanfaat bagi yang mendoakan.

“Yakinlah semakin banyak orang membaca fatihah untuk orang yang wafat, itu akan menyenangkan orang yang ada di dalam kubur.
Semakin banyak yang hadir dalam haul dan membawa Fatihah semakin yakin pak Taufiq Kiemas senang sebagai orang baik,” tuntas Hamka Haq.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer