Thursday, April 25, 2024

Puan Maharani Sapa Warga sambil Kunjungi CFD dan Safari Zoo

SOLO – Ketua DPR RI Puan Maharani menikmati akhir pekan di Solo, Jawa Tengah. Dalam kunjungan kali ini, ia menyapa warga Solo dengan mengunjungi lokasi Car Free Day (CFD) dan juga menikmati pertunjukan satwa di Kebun Binatang Solo Safari bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Mengenakan baju olahraga dan sepatu keds, Puan berangkat ke lokasi CFD di Jl Slamet Riyadi, Solo, bersama Gibran dengan menggunakan sepeda listrik, Minggu (28/5/2023). Selama perjalanan, Puan banyak dicegat warga untuk diminta berfoto bersama atau sekadar bersalaman, mulai dari anak muda hingga orang tua.

“Mbak Puan, Mbak Puan boleh minta foto bareng,” teriak warga.

Puan pun meladeni permintaan foto warga Solo, sambil sesekali berbincang dengan masyarakat. Karena banyak warga yang meminta untuk bersalaman, Puan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan bersama Gibran dengan berjalan kaki di lokasi CFD agar bisa berinteraksi lebih dekat dengan warga. Ia menitipkan sepedanya di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo.

“Solo sangat ramai. Solo sudah hidup kembali setelah pandemi Covid-19. Saya berharap tetap jaga kesehatan semua, agar bisa berolahraga dengan gembira,” kata Puan.

Di lokasi CFD, mantan Menko PMK ini menyempatkan diri mendatangi stand pelayanan dokumen kependudukan kelililing. Puan lantas menanyakan bagaimana proses pembuatan dokumen di stand tersebut.

“Ini memang bisa langsung jadi?” tanyanya.

“Bisa bu, Ibu mau dibuatkan? Ini kan sudah digital jadi bisa untuk seluruh wilayah,” jawab salah satu petugas.

Selesai mengunjungi stand pelayanan kependudukan, Puan kembali menyusuri lokasi CFD. Ia lalu menyapa kelompok musik yang semua personelnya difabel. Sambil mendengarkan musik, Puan juga berbincang dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi mereka, termasuk dari pedagang UMKM yang berjualan di sekitar Stadion Sriwedari.

Puan kemudian menikmati sarapan bersama Gibran di Kedai Sate Kere Yu Rebi yang terkenal akan cita rasanya di kalangan masyarakat Solo. Ia mengaku senang bisa mencicipi makanan khas Solo itu.

“Sate kere Yu Rebi ini sudah berjualan 25 tahun, saya beli lengkap pakai lontongnya. Jadi pas banget buat sarapan,” jelas Puan.

Sesaat sebelum meninggalkan lokasi CFD, Puan membagi-bagikan kaus yang disambut antusias warga.

“Senang sekali bisa berolahraga sekaligus bertemu warga Solo. Saya melihat semuanya senang dan gembira,” tuturnya.

“Solo sudah menjadi kota yang berkembang, ini saya apresiasi dan senang sekali melihat pagi ini Solo sudah ramai. Ini tadi saya jalan dari ujung ke ujung,” lanjut Puan.

Usai berolahraga di lokasi CFD, Puan bersama Gibran lalu mengunjungi Solo Safari Zoo. Keduanya berkeliling melihat beragam jenis satwa koleksi milik Solo Safari Zoo selama hampir 30 menit.

Setelah diresmikan 3 bulan lalu, kebun binatang tersebut menjadi destinasi wisata favorit warga sekitar. Puan cukup tertarik dengan Monyet Jawa dan atraksi gajah yang banyak didatangi pengunjung.

“Kita lihat tadi antusias masyarakat yang datang membawa anaknya, ada juga lansia. Berarti ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terjangkau oleh warga Solo,” ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Tadi ada Monyet Jawa, saya baru lihat kok mukanya lucu sekali. Tadi juga ada atraksi Jajah banyak peminatnya, juga Kelinci lucu lucu,” sambung Puan.

Cucu Bung Karno ini berharap, Pemkot Solo dapat menambah fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung Solo Safari Zoo. Dengan begitu, kata Puan, masyarakat merasa puas saat melakukan rekreasi di kawasan kebun binatang.

“Jadi banyak sekali binatang-binatang yang menarik minat masyarakat untuk selalu berekreasi ke sini karena kebersihannya terjaga. Fasilitas bisa ditambah lagi, seperti tempat menonton gajah harusnya ada tempat tutupannya, tapi memang ternyata sedang dibikin. Jadi bagus ya,” ucapnya

Puas berkeliling melihat satwa, Puan bersama Gibran memilih makan siang di Restoran yang ada di dalam area Solo Safari Zoo. Selama di kawasan kebun binatang, banyak warga yang menyapa dan meminfa foto bersama Puan.

“Makanannya juga enak sehingga menambah destinasi wisata di sini. Saya ikut senang melihat keceriaan warga Solo,” sebut Puan.

Seperti diketahui, Puan berada di Solo sejak Sabtu (27/5) kemarin. Kedatangan Puan di Solo, disambut Gibran bersama Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan Bupati Klaten Sri Mulyani. Mereka lalu langsung berkunjung ke Solo Paragon Mall untuk melihat UMKM sambil menyapa masyarakat.

Setelahnya, Puan makan malam di sebuah restoran sederhana di Solo. Gibran pun kemudian mengajak Puan menonton konser Dewa di Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS), Sabtu malam.

Saat menikmati alunan lagu-lagu dari grup band legendaris itu, Puan disapa oleh seluruh personel Dewa. Ahmad Dhani cs mengucapkan terima kasih kepada Puan dah Gibran yang menyempatkan menonton konser mereka.

“Selamat datang Ibu Puan. Terima kasih datang ke konser kami di Solo,” kata personel Band Dewa.

Setelah dari Solo Safari Zoo siang ini, Puan langsung kembali ke Jakarta menggunakan pesawat komersil dari Bandara Adi Sumarmo. Kedatangan Puan dari Jakarta kemarin pun juga menggunakan pesawat komersil.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer