Monday, April 22, 2024

Meutya Hafid: Wirausaha Digital Dorong Akselerasi Ekonomi Nasional

JAKARTA – Digitalisasi ekonomi yang berlangsung masif telah membuka peluang kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kewirausahaan digital diupayakan untuk mendorong pertumbuhan subregional secara keseluruhan,” ujar Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid saat webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Pemanfaatan Internet untuk Digital Entrepreneurship, yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Adapun nara sumber webinar ini adalah, Owner Kekesumut, Syafria Ningsih, Owner Ecopicnic, Keenan Mukti dan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker.

Dalam kata pembuka, Meutya Hafid mengatakan digitalisasi ekonomi yang sedang berlangsung secara besar-besaran juga membuka peluang kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan inklusif.

“Di antara sektor ekonomi yang ada, ekonomi digital dengan fokus pada kewirausahaan digital menjadi kunci penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Owner Kekesumut, Syafria Ningsih mengaku awalnya tidak pernah terpikirkan sebelumnya untuk berjualan online karena ia benar-benar tidak memahami bagaimana cara memasarkan produk di dunia digital.

Seolah mendapatkan ilham karena bisnis yang dijalankan sejak tahun 2006 tidak membuahkan hasil bahkan hampir bangkrut, akhirnya ia memutuskan untuk belajar otodidak untuk paham mengenai dunia bisnis di era digital. Hingga pada 2016, ia bergabung bersama e-commerce tersebut.

Selain mempelajarinya secara mandiri, Syafria juga banyak bertanya dan sharing bersama dengan komunitas penjual di Bukalapak.

“Setelah bergabung bersama e-commerce, saya banyak belajar bersama teman-teman di komunitas sesama penjual di Bukalapak. Alhamdulillah yang mulanya minim penghasilan, saat ini usaha saya sudah mampu menjangkau pasar seluruh Indonesia.” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Founder Ecopicnic, Keenan Mukti mengatakan salah satu manfaat kewirausahaan digital adalah bisa menemukan pelanggan untuk usaha wirausaha serta peluang baru untuk berkolaborasi dengan platform dan mitra.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer