Monday, April 22, 2024

Kerja Sama Politik 2024, Sekjen PDIP: Bandul Politik Baru Akan Bergerak Usai Ibu Mega Umumkan Capres

JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa terkait kerja sama politik sikap PDIP jelas pilih terus menjaga soliditas kekompakan dari seluruh partai pengusung pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Menurutnya dengan begitu, pemerintahan Jokowi-Maruf bisa meninggalkan _legacy_ yang baik untuk dibangun hingga selesai masa kepemimpinannya.

Hal itu disampaikan Hasto menanggapi pertanyaan awak mengenai Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku sudah jalin komunikasi dengan PDIP terkait pembentukan Koalisi Besar.

“Terkait dengan kerjasama parpol, sikap PDI Perjuangan sudah sangat jelas, posisi kami terus menjaga soliditas kekompakan dari seluruh partai yang mengusung pak Jokowi Kiyai-Maruf Amin. Sehingga seluruh _legacy_ dalam seluruh aspek kepemimpinan pak Jokowi dapat dibangun dengan sebaik-baiknya,” kata Hasto ditemui di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Menurut Hasto hal itu juga seperti ditunjukkan oleh Presiden Jokowi saat bertemu konselir Jerman. Dimana dalam momen tersebut disampaikan mengenai pentingnya dasasila Bandung di dalam konferensi Asia-Afrika, hal itu dianggap penting untuk dijaga.

Sementara soal pertemuan, sebagai fungsionaris partai, Hasto mengaku kerap kali menjalin pertemuan dengan antar partai.

“Sebagai salah satu fungsionaris dewan pimpinan pusat partai memang kami sering bertemu secara informal dengan pimpinan parpol yang lain,” tuturnya.

Lebih lanjut, terkait hadapi Pemilu 2024, menurut Hasto kerja sama dengan partai politik dalam pemerintahan Presiden Jokowi ini tentu saja bisa ditransformasikan di dalam kerja sama yang akan datang.

Namun kerja sama politik yang ada semua tergantung ketetapan pengumuman calon presiden PDIP oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputeri.

“Tapi pada akhirnya juga akan ditentukan pada figur siapa yang akan ditetapkan dan pola-pola itulah yang akan berjalan, dan itu nanti akan ditentukan. Bandul politik ini akan bergerak dari penetapan capres dari Bu Mega yang momentumnya nanti akan disampaikan dalam waktu yang tepat,” pungkasnya.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer