Thursday, April 25, 2024

Kalangan Pemuda Dorong Penyerapan Produk UMKM di Media Sosial

JAKARTA – Pemasaran produk UMKM Indonesia memerlukan partisipasi aktif kalangan pemuda sebagai pengguna aktif media sosial.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menjelaskan, penggunanaan media sosial yang sangat massif dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya.

“Media sosial sudah menjadi sarana promosi yang paling efektif bagi para pelaku UMKM,” kata Meutya Hafid dalam keynote speakernya di webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Strategi Pengembangan UMKM Melalui Media Sosila, Selasa (4/4/2023).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek.

Webinar itu menghadirkan Meutya Hafid sebagai keynote speaker, serta dua pembicara yakni, Creative Director Medan Clothing Festival, M Rizki Saragih dan Ketua Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Medan, Muhammad Siddiq.

Politisi senior Partai Golkar ini menilai peran para pemuda sangat penting di era digital, termasuk dalam perkembangan UMKM.

“Generasi muda dapat memberikan Inovasi produk, branding produk, izin usaha resmi, dan pembukuan manual yang juga menjadi faktor penting untuk perkembangan UMKM,” ujarnya.

Meutya menjelaskan membludaknya produk UMKM tentu menyebabkan persaingan yang semakin ketat dalam meraih pasar global.

“Hal ini tak lain karena produk UMKM sangat dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Creative Director Medan Clothing Festival, M Rizki Saragih menilai media sosial masih relevan untuk mengembangkan bisnis khususnya UMKM.

Alasannya, kata Rizki Saragih, saat ini tingkat belanja online masih tinggi ditambah media sosial menjangkau konsumen yang lebih luas. “Artinya jualan tidak mengenal batasan dan kita langsung kenal dengan customer,” jelas Rizki.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer