Thursday, April 25, 2024

Pengamat Yakin Nasdem Tak Akan Lepas Anies Baswedan

JAKARTA – Pengamat Politik yang juga Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menilai manuver politik Surya Paloh telah berhasil membawa Partai Nasdem dalam posisi menang untuk saat ini.

“Manuver Politik Surya Paloh sengaja dilakukan untuk menguatkan posisi Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden yang diusung oleh Partai Nasdem,” ujar Ray Rangkuti dalam acara diskusi akhir pekan Titik Temu Rumah Kebudayaan Nusantara (RKN) di Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2022.

“Secara moral dan politik akan sangat sulit bagi Nasdem untuk meninggalkan begitu saja Anies Baswedan. Karena pertama dari semua partai politik, mereka yang pertama kali menemukan calon presiden,” tegas Ray Rangkuti dalam diskusi yang dipandu Sebastian Salang itu.

Pertemuan Surya Paloh dengan Presiden, kata Ray Rangkuti, juga tidak lantas menurunkan tensi Partai NasDem untuk mendukung Anies Baswedan.

Jika Nasdem mundur dari pencalonan Anies, jelas Ray Rangkuti, maka akan berisiko besar sekali. Karenanya Nasdem akan tetap mengusung Anies, sekalipun elektabilitas tidak terlalu signifikan naiknya.

Sedangkan terkait dengan manuver politik Surya Paloh terhadap sejumlah elit politik, Ray Rangkuti mengatakan, Nasdem untuk sementara telah memenangkan perseteruannya dengan Presiden Joko Widodo.

“Jika diibaratkan pertandingan Sepakbola, Partai Nasdem saat ini unggul dengan skor 3 poin, buntut manuver politik Surya Paloh yang mengunjungi Presiden Joko Widodo dan partai politik lainnya di Koalisi Gerindra – PKB dan Indonesia Bersatu,” katanya.

Manuver politik Surya Paloh tersebut, lajut Ray Rangkuti, salah satunya telah berhasil membatalkan rencana resufle yang santer disebut-sebut akan dilaksanakan pada Rabu atau yang dikenal dengan istilah Rabu Pon.

“Saya melihat pertemuan antara pak Jokowi dengan Pak Surya Paloh dilakukan dalam rangka melaksanakan reformulasi dan negosiasi Kabinet,” ungkapnya.

Hal lain yang menguntungkan Partai Nasdem, kata Ray Rangkuti, manuver Surya Paloh telah berhasil menggerakan Partai Demokrat dan PKS untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan.

Pertemuan Surya Paloh dengan Presiden juga tidak lantas meredam serangan-serangan Nasdem atau pendukung Anies terhadap pemerintah. Hal itu membuktikan bahwa Nasdem masih berada di posisi yang berbeda dengan pemerintah.

“Salah satu serangan yang gencar adalah dengan adanya dugaan aparat negara yang dalam hal ini adalah pemerintah sedang menjegal pencalonan Anies terkait dengan izin dan lain-lain, sebagian lainnya dari para pendukung Anies menyebut ada semacam upaya teror,” pungkas Ray Rangkuti.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer