Tuesday, April 23, 2024

Gus Nusron Pemilik Sanad Mars Ya Lal Wathan, Ini Penjelasan Gus Yasin Maimoen

SOLO – Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin mengungkapkan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Waketum PBNU) H. Nusron Wahid merupakan seorang pemilik sanad lagu Ya Lal Wathan atau Mars Syubbanul Wathan.

Hal itu diungkapkan Gus Yasin saat menyampaikan sambutan dalam acara 1 Abad NU Bershalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di Pura Mangkunegaran, Selasa (17/1/2023).

Gus Yasin menjelaskan, Ya Lal Wathan itu berasal atau karya dari salah seorang Pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah. Kemudian silsilah sanadnya turun temurun hingga ke KH Maimoen Zubair.

“Jadi Ya Lal Wathan itu dari Mbah Wahab yang silsilahnya turun temurun sampai ke Hadratussyekh KH Maimoen Zubair. Lalu diijazahkan kepada Kiai Nusron. Ini melalui sanad yang kalau di hadits itu muttashil,” kata Gus Yasin.

Putra Mbah Maimoen Zubair ini juga mengungkap hal lain yaitu bahwa Nusron Wahid adalah orang yang memiliki hafalan sangat kuat. Nusron bisa langsung menghafal Ya Lal Wathan meski hanya sekali dilantunkan Mbah Maimoen.

“Dilantunkan Mbah Moen sekali, langsung dihafal dan langsung diunggah lewat Nahdlatul Ulama, dan kita lagukan, kita lantunkan setiap kali kita mengadakan acara di event-event Nahdlatul Ulama,” katanya.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer