Thursday, April 25, 2024

Porseni NU Makin Seru Bersama Habib Syech dan Jalan Sehat Jokowi

JAKARTA – Perhelatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan sampingan (side event), diantaranya shalawatan bareng Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, makan malam dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta Jalan Sehat bersama Presiden Joko Widodo.

Wakil Ketua Umum PBNU yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana KH Nusron Wahid menjelaskan rincian agenda Porseni NU yang akan berlangsung pada Ahad-Sabtu, 15-21 Januari 2023. Ia menuturkan, para atlet se-Indonesia akan bertanding di beberapa tempat dan venue yang ada di Solo dan menginap di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Sebagian peserta hari ini sudah memasuki Solo. Hari ini sudah ada 11 provinsi yang memasuki Kota Solo. Selebihnya akan datang pada besok,” kata Nusron dalam konferensi pers Porseni NU di Omah Sinten Heritage Hotel and Resto, Banjarsari, Surakarta, pada Jumat (13/3/2023) siang.

Kemudian pada Ahad (15/1/2023) malam, akan dilaksanakan welcome dinner atau jamuan makan malam bersama di Pura Ageng Mangkunegaran dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Lalu Porseni NU akan secara resmi dibuka pada Senin (16/1/2023) malam.

“Selebihnya pertandingan-pertandingan, dan penutupan akan dilaksanakan pada 21 Januari,” ucap Wakil Ketua Umum PBNU itu.

Di samping itu, ada pula side event (acara sampingan) yang akan dilaksanakan pada 16-21 Januari 2023. Beberapa kegiatan dalam acara sampingan ini yaitu festival kuliner dan bazar UMKM yang terdiri dari 30 stan dan lomba mewarnai logo NU dan paduan suara tingkat PAUD/TK se-Soloraya.

“Kemudian shalawatan bersama Habib Syech. Malam kamisnya itu adalah (penampilan) band lokal. Malam Jumat ada shalawatan berbahasa Jawa dan malam Sabtu shalawatan dari Jamuri. Kemudian untuk jalan sehat akan dilaksanakan pada Subuh, hari Ahad,” tuturnya.

Jalan Sehat bersama Presiden Jokowi itu akan melibatkan puluhan ribu warga NU. Karena itu, Nusron menyampaikan permohonan maaf kepada warga Surakarta apabila selama perhelatan Porseni NU mengganggu aktivitas harian.

“Lebih-lebih pada puncaknya pas jalan sehat, karena akan diikuti puluhan ribu. Yang sudah terdaftar ada sekitar 50 ribu. Tentu akan mengganggu, kami atas nama panitia memohonkan maaf kepada warga Kota Solo dalam rangka untuk pelaksanaan ini,” ucap Nusron.

Tak lupa, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan Porseni NU 2023 ini. Di antaranya Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para pejabat dan aparat keamanan, antara lain adalah Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolresta Solo Iwan Saktiadi, Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

“Terima kasih (karena) telah mengizinkan pelaksanaan Porseni yang dilaksanakan dalam rangka peringatan 1 abad NU,” ungkap Nusron.

Koordinasi Keamanan

Wakil Bendahara PBNU H Fahmi Akbar Idris menyatakan, pihaknya tidak melupakan sektor keamanan dalam Porseni NU 2023 ini.

Ia menuturkan bahwa panitia telah berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat. Bahkan juga sudah menyiapkan pasukan keamanan dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Pagar Nusa.

“Diperkirakan kita mengerahkan sekitar 1000 Banser dan 1000 Pagar Nusa. Ini semua demi kenyamanan para peserta dan kontingen, juga ikut membantu warga Solo sekaligus untuk membantu agar event ini berjalan lancar,” kata Gus Fahmi.

Solo Kota Moderat

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surakarta KHM Mashuri berharap, momentum Porseni NU 2023 ini menjadi barometer dan episentrum moderasi beragama. Hal ini pula yang menjadi tekad Kiai Mashuri untuk mengubah citra Solo sehingga menjadi kota moderat.

“Insyaallah ke depan Solo akan menjadi kota yang moderat dan betul-betul menjadi kota yang sangat nyaman. Kota paling toleran nomor 9 yang nantinya menjadi kota toleran nomor 1 di Indonesia dan menjadi role model bagi kota-kota yang lain,” ungkap Kiai Mashuri.

Sebagai informasi, pada konferensi pers kali ini, Ketua Panitia Porseni NU H Nusron Wahid didampingi oleh para ketua PCNU se-Soloraya.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer