Thursday, April 25, 2024

Jelang Libur Nataru, Puan: Jaga Stabilitas Harga dan Pastikan Keamanan

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok jelang Natal dan pergantian Tahun Baru.

“Saya juga mengingatkan Pemerintah untuk bisa mengendalikan harga-harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. Karena hari libur banyak acara berkumpul biasanya akan terjadi lonjakan harga bahan pokok,” kata Puan usai Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Mba Puan juga mengingatkan TNI/Polri untuk menjaga keamanan masyarakat jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Saya ingatkan Pemerintah dan TNI/Polri untuk bisa menjaga keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru,” lanjutnya.

Selain terkait stabilitas harga pangan dan keamanan, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu juga menyoroti masalah transportasi arus mudik dan arus balik selama masa Nataru.

Pua meminta Kementerian Perhubungan dan stakeholder terkait lainnya untuk memastikan kelancaran mudik libur akhir tahun. Hal ini menyusul prediksi akan ada jutaan masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik di masa liburan Natal dan Tahun Baru.

“Termasuk menjaga lalu lintas. Semua pihak harus bersinergi, bergotong royong untuk bisa membuat situasi kondusif, aman, tenteram, dan nyaman,” ungkap Puan.

Mantan Menko PMK itu pun berharap TNI/Polri melakukan pengamanan mudik Natal dan Tahun Baru dengan maksimal. Puan mengatakan, animo masyarakat yang besar untuk berpergian pada libur akhir tahun harus mendapat pengawalan dan difasilitasi secara optimal agar rakyat merasa nyaman saat liburan.

“Agar bisa berjalan aman dan lancar saya minta TNI/Polri, Kementerian terkait untuk bisa melaksanakan hal tersebut dengan sebaik-baiknya,” tutur cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Lebih lanjut, Puan mengimbau pemudik untuk tertib dalam perjalanan. Ia juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama perjalanan mudik, dan ketika berkumpul bersama sanak saudara di masa liburan akhir tahun.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru, baik yang menggunakan jalan darat, air maupun udara, untuk bisa tertib dalam perjalanan, juga bisa bersabar bila kemudian terjadi penumpukan di stasiun, airport, atau jalan darat,” papar Puan.

Puan berharap semangat liburan Natal dan Tahun Baru dapat membawa sukacita untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Kita tetap jaga rasa persaudaraan, rasa kebersamaan, gotong royong sebagai satu bangsa,” ungkapnya.

“Jangan sampai terprovokasi oleh hal-hal yang tidak perlu sehingga Bulan Desember, libur Natal dan Tahun Baru, akan bisa menjadi suasana menuju Tahun 2023 dengan damai dan bahagia,” tutup Puan.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer