Thursday, April 25, 2024

Jelang Nataru, Mendag Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan harga barang kebutuhan pokok (Bapok) tetap stabil jelang Natal dan tahun baru (Nataru).

“Stabilnya harga bapok jelang Nataru ini didukung oleh data inflasi yang tercatat turun menjadi 5,42 persen dari 5,71 persen,” ujar Mendag Zulhas di Gedung Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan, di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

“Artinya barangnya ada harga stabil. Ada yang naik sedikit,” lanjutnya.

Zulhas menjelaskan, untuk bapok yang naik menjelang Nataru ini diantaranya cabai rawit, telur ayam, dan beras. Sedangkan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yaitu ayam.

“Saya pagi tadi sudah dua pasar sama Badan Pangan dua pasar sudah saya datangi. Datanya inflasi turun harga stabil,” ujarnya.

Sebelumnya, Satgas Pangan Polri memastikan stok bahan pangan jelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) dalam kondisi cukup. Selain itu, harga dari bahan pangan juga dipastikan tetap terkendali.

“Satgas Pangan Polri dalam memastikan ketersediaan pangan dan harga terkendali,” ujar Kasatgas Pangan Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan.

Untuk mengantisipasi melonjaknya harga pangan, Whisnu menyebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah. Termasuk dengan berkoordinasi dengan kementerian terkait guna menyiapkan langkah alternatif atas stok dan harga bahan pangan.

“Kita juga mendorong kementerian dan lembaga terkait untuk menyiapkan jalur alternatif distribusi pangan bila ada hambatan. Mengimbau para pelaku usaha untuk tidak berspekulasi, melakukan penimbunan atau menahan stok, sengaja mengurangi distribusi dan menaikkan harga,” tutur Whisnu.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer