Monday, April 22, 2024

Pengusaha Kerakyatan Apresiasi Erick Thohir Pro UMKM

JAMBI- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat apresiasi para pelaku usaha lantaran berkomitmen meningkatkan peran BUMN dalam memajukan UMKM.

Seorang pelaku UMKM di Jambi bernama Cecep Suryana yang memiliki beberapa gerai usaha kopi dan kuliner, menyambut positif rencana Erick Thohir untuk meningkatkan peran BUMN dalam meningkatkan UMKM.

“Selama Erick Thohir menjadi menteri BUMN dia sangat peduli terhadap UMKM,” Ujar Cecep Suryana.

Sebab salah satu peran BUMN menurut Cecep adalah untuk membantu negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan peran tersebut tidak bisa dilakukan oleh swasta.

“Program BUMN membuktikan sebuah kepedulian terhadap UMKM, ” katanya

Kemitraan dengan BUMN dengan UMKM ini menurut Cecep bisa program CSR maupun keberpihakan.

“Keberpihakan tersebut bisa melalui memberikan pelatihan, pendanaan dan akses kepada UMKM ke BUMN, ” Kata pemilik usaha kuliner di Jambi ini.

Menurut Cecep Suryana, Erick Thohir yang baru saja mendapat gelar kehormatan Batak dengan marga Sidabutar itu menyebutkan UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Pasalnya, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) jumlah UMKM di tanah air mencapai sekitar 65 juta pelaku dan menyumbang 62% dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau senilai Rp 8.574 triliun.

Dia menjelaskan Sebagaimana diketahui bahwa peran UMKM terhadap kontribusi ekonomi cukup besar yaitu penyumbang 61% PDB dan menyerap 97% tenaga kerja, oleh karenanya Pemerintah memberi atensi lebih kepada UMKM melalui berbagai paket kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional diantaranya stimulus pajak, restrukturisasi kredit, subsidi bunga, pemberian modal kerja, dan subsidi iuran penjaminan kredit.

Ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global tidak terlepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

” Menteri Erick Thohir juga mengatakan pertumbuhan ekonomi yang besar akan terasa percuma jika tak diiringi dengan peningkatan daya saing di sektor UMKM, ” Katanya.

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer