Monday, April 22, 2024

Hari Santri Nasional 2022, RMI PBNU Gelar Lomba Qawa’id Fiqhiyah Santri

JAKARTA – Rabhithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) secara istiqomah menggelar berbagai kegiatan dalam memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober, sejak terbitnya keputusan presiden Nomor 22/2015.

Salah satu kegiatan peringatan HSN 2022 yang digelar RMI PBNU adalah Lomba Qawa’id Fiqhiyyah tingkat Pondok Pesantren.

Ketua Penanggung Jawab kegiatan, Hatim Ghazali, mengatakan Lomba Qawa’id Fiqhiyyah yang digelar RMI PBNU bertujuan meningkatkan dan memperkuat pemahaman santri akan kaidah-kaidah fikih sebagai bagian dari khazanah keilmuan pesantren.

“Sehingga santri dapat merespons isu-isu kontemporer berdasarkan kaidah fikih yang berlaku untuk merespon dialektika zaman,” ungkap Hatim.

Hatim melanjutkan, peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan ini adalah santri terbaik dari 500 pondok pesantren di bawah asosiasi pondok pesantren Nahdlatul Ulama.

Dari segi substansi, perlombaan ini mencakup tentang hafalan terhadap kaidah-kaidah fiqh, pemahaman kaidah-kaidah fiqh, dan operasionalisasi (tathbiq) kaidah fiqh terhadap kasus-kasus tertentu.

Hatim menambahkan, perlombaan ini diadakan secara daring dengan skema mengirimkan jawaban pertanyaan yang dikirim melalui email pendaftar.

“Setiap peserta yang mendaftar akan menjawab 50 pertanyaan tentang Qawaid Fiqhiyyah melalui tautan (link) yang akan dikirim ke setiap peserta lomba melalui email dengan durasi mengerjakan soal selama 60 menit,” terang Hatim.

Finalis peserta terbaik akan diundang secara eksklusif menghadiri agenda puncak Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

“Finalis 5 peserta terbaik akan diundang ke acara puncak Hari Santri Nasional dan berhak mendapatkan hadiah berupa Uang Pembinaan, Kitab, Piala serta Piagam Penghargaan,” tutup Hatim.

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer