Monday, April 22, 2024

Negara Mana yang Tak Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth?

EraKita.id – Proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada Senin (19/9). Sekitar 2.200 tamu undangan diperkirakan akan menghadiri pemakaman pemimpin Kerajaan Inggris pertama yang digelar sejak enam dekade terakhir itu.

Meski Inggris tidak merilis daftar resmi undangan, ribuan tamu yang akan hadir terdiri dari keluarga Kerajaan Inggris, Perdana Menteri Liz Truss, politikus Inggris, dan eks PM Inggris, hingga lebih dari 100 raja, ratu, dan kepala negara dunia lainnya.

Siapa saja mereka?

Raja hingga Bangsawan Dunia

Sejumlah bangsawan dari Eropa telah mengonfirmasi kehadiran di pemakaman Ratu Elizabeth II.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menyatakan akan datang. Ini merupakan perjalanan luar negeri pertama mereka sejak naik takhta pada 2019.

Kehadiran Naruhito di London nanti menjadi momen langka karena Kaisar Jepang tercatat jarang menghadiri acara pemakaman.

Raja Belanda Williem-Alexander, Ratu Maxima, dan Putri Mahkota Beatrix, Raja Philippe dari Belgia, Raja Harald V dari Norwegia dan Pangeran Albert II dari Monako juga telah mengonfirmasi kehadiran mereka.

Ratu Denmark Margrethe juga akan hadir. Ia bahkan membatalkan serangkaian acara ulang tahun jubilee ke-50 tahun usai mendengar kabar duka dari sepupunya tersebut.

Raja Spanyol Felipe VI juga akan menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth nanti, seperti dikutip AFP.

Pemimpin Dunia

Gedung Putih mengonfirmasi Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan istri, Jill Biden, akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth.

Istana Elysee menyatakan Presiden Prancis Emmanuel Macron juga akan hadir ke pemakaman sambil menegaskan hubungan “yang tak terpatahkan” antara Paris-London.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga akan menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth.

Kepala Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen sampai Kepala Dewan Eropa Charles Michel juga turut hadir meski Inggris baru saja keluar dari blok tersebut.

Pemimpin dunia lainnya yang dijadwalkan hadir antara lain Presiden Italia Sergio Mattarella, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Presiden Israel Isaac Herzog, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Sejumlah pemimpin dari negara Persemakmuran juga akan hadir seperti Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe dan Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama.

Siapa yang Tidak Diundang?

Rusia dan Belarusia termasuk sekelompok kecil negara yang tak diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth.

Hal itu menyusul sanksi dan larangan Presiden Vladimir Putin bepergian ke Inggris menyusul invasi Rusia ke Ukraina, menurut sumber pemerintah Inggris.

Presiden Putin juga telah mengatakan dia tidak akan hadir.

Meski begitu, Rusia menegaskan tidak mengundang perwakilan negaranya ke pemakaman Ratu Elizabeth merupakan tindakan tidak bermoral dan bentuk penghinaan.

Tetapi tidak mengundang perwakilan Rusia ke pemakaman ratu “sangat menghujat ingatan Elizabeth II” dan “sangat tidak bermoral”, kata kementerian luar negeri di Moskow pada hari Kamis.

Selain Rusia dan Belarus, Myanmar dan Korea Utara juga tidak diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth. Sebab, Myanmar masih dipimpin oleh rezim junta militer yang melancarkan kudeta berdarah pada 2021 lalu.

Sementara itu, Korut tak diundang lantaran sanksi internasional dan ambisinya mengembangkan senjata nuklir dan teknologi rudal. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer