Thursday, April 25, 2024

Komisi II DPR: Pj Gubernur Pengganti Anies Sudah Ada

EraKita.id – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan nama Pj gubernur pengganti Anies sudah ada dimana masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis pada Oktober mendatang.

“Setiap para calon-calon atau kandidat-kadindat itu kan diusulkan oleh kementerian atau langsung presiden. Nah kalau untuk kepala daerah, bupati, walkot, itu bisa langsung oleh Kemendagri. Itu pun harus melalui TPA yang dipimpin langsung Pak Presiden,” kata Junimart Girsang saat ditanya mekanisme penunjukan Pj gubernur pengganti Anies di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Menurut Junimart, nama calon Pj gubernur pengganti Anies Baswedan sudah ada. Hanya saja, bagi Junimart tinggal menunggu waktu untuk diungkap ke publik.

“Kalau ada pertanyaan kenapa sekarang belum ada? Saya kira sudah ada ini kan tinggal menunggu waktu sebenarnya. Nama akan diserahkan oleh kementerian kepada Presiden dan atau Presiden dan kabinetnya sudah mempunyai calon nanti itu akan diputuskan dalam TPA kita tunggu saja. Kan toh belum berakhir kan,” ujarnya.

DPRD DKI Jakarta diketahui menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) membahas usulan calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan.

Berdasarkan surat yang diterima detikcom, Rapimgab diadakan di Ruang Rapat Ketua DPRD Lantai X Gedung Baru DPRD Provinsi DKI Jakarta pukul 13.00 WIB. Surat itu ditandatangani oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi pada Jumat (9/9).

“Membahas usulan nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta,” demikian isi undangan yang dilihat detikcom, Senin (12/9).

Sekretaris F-PDIP Dwi Rio juga membenarkan soal jadwal rapimgab. Dia menyebut rapat akan diikuti Pimpinan dewan beserta 9 ketua Fraksi DPRD DKI.

“Hari ini. Pimpinan DPRD dengan fraksi diwakili ketua fraksi,” jawabnya saat dikonfirmasi. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer