Thursday, April 25, 2024

Syekh Yasir: Setiap Rukun Islam Mengandung Moderasi atau Kebaikan

EraKita.id – Ulama Hadis asal Yaman Syekh Dr. Yasir As Syuhairi menjelaskan bahwa setiap rukun Islam mengandung moderasi atau kebaikan dan pertengahan bagi manusia.

“Zakat misalnya, diambil dengan tujuan untuk mensucikan manusia dari kebakhilan diri,” kata Syekh Yasir pada Kuliah Umum bertajuk “Kajian hadis dan implikasinya dalam penguatan moderasi beragama” di Aula Al Fattah, Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (9/11/2022).

Bakhil adalah sikap buruk yang perlu disucikan dari diri manusia. Kehadiran zakat adalah untuk memoderasi manusia agar tetap berada dalam kesucian dan tidak berlebih-lebihan dalam kepemilikan harta, apalagi tidak dikeluarkan untuk mereka yang berhak.

Ulama kelahiran Abyan, Yaman Utara ini juga menjelaskan tentang akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah yang moderat. Ahlussunnah meyakini bahwa akal tidak mungkin berlawanan dengan naql, sebab nash datang untuk berbicara kepada akal. Akan tetapi, nash lebih utama dari pada akal, demikian ungkap Syekh Yasir yang hafal banyak kitab dan matan ini.

Diketahui, Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional MUI menggelar Pertukaran Ulama Moderat dengan mengundang Ulama Hadis asal Yaman Syekh Dr. Yasir As Syuhairi

Wakil Ketua Komisi HLNKI MUI yang juga ketua panitia Dr. KH. Khalilurrahman, MA menjelaskan bahwa acara tersebut adalah bagian dari program kerja untuk meningatkan kerja sama antar ulama dari Indonesia dan luar negeri.

“Sebelumnya, kami juga telah mengundang Habib Ali Al Jufri dari Mesir,” tambah Khalil yang dalam dua kegiatan tersebut bermitra dengan Program Kaderisasi Ulama (PKU) Masjid Istiqlal.

Sementara, Dr. KH. Mulawarman Hannase selaku Manager PKU Masjid Istiqlal sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berencana akan mengundang kembali Syekh Yasir dakam waku dekat untuk memberikan kuliah khusus kajian hadis kepada para Mahasiswa S2 dan S3 PKU Masjid Istiqlal dan akan menjadikannya sebagai dosen tamu dalam program pendidikan S2 dan S3 PKU Masjid Istiqlal.

Dalam kuliah umumnya, Syekh Dr. Yasir As Syuhairi menjelaskan bahwa Islam adalah agama wasathiyah atau moderat.

“Makna Moderat adalah berdiri di tengah-tengah antara sisi yang berlebih-lebihan dan sisi yang menggampangkan sesuai,” kata pendiri Institut Darul Hadits Lil Irtsin Nabawi di Tarim Yaman.

Dalam rangka menguatkan konsep moderat, Syekh yang menyandang dua gelar Doktor di bidang Hadits dan Aqidah dari Jamiah Al Quranul Karim wal Ulumul Islamiyah Sudan ini menjelaskan praktik moderasi dalam pelaksanaan rukun Islam.

Acara itu dihadiri juga oleh Sekretaris Komisi HLNKI Dr. Andi Hadiyanto dan Direktur PKU Masjid Istiqlal Prof. Ahmad Thib Raya serta Pengelola PKU Dr. Mulawarman. Peserta yang hadir berasal dari mahasiswa PKU, utusan ormas Islam dan masyarakat umum.

Kegiatan Pertukaran Ulama Moderat yang bekerjasama dengan Pendidikan Kader Ulama-Masjid Istiqlal (PKU-MI) diakhiri dengan pemberian lima ijazah sanad oleh Syekh Yasir kepada peserta Kuliah Tamu dan Pertukaran Ulama Moderat. (*)

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer