Tuesday, April 23, 2024

Pidato Pertama, Raja Charles III: Saya Akan Berusaha Melayani Anda

EraKita.id – Raja Charles III menyampaikan pidato pertamanya dari Istana Buckingham sebagai raja sejak menggantikan sang ibu, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Dalam pidato perdana, ia mengatakan akan berusaha melayani warga seperti yang telah dilakukan sepanjang hidupnya, sebelum menjadi Raja.

“Di mana pun Anda tinggal, di Inggris atau di wilayah seluruh dunia dan apa pun latar belakang dan keyakinan Anda, saya akan berusaha melayani Anda dengan kesetiaan, rasa hormat, dan cinta, seperti yang saya lakukan sepanjang hidup saya,” ucap Raja Charles pada Jumat (9/9/2022).

Dalam kesempatan itu, ia juga menyinggung pengabdian yang dilakukan Ratu Elizabeth II.

“Seperti yang dilakukan Ratu sendiri dengan pengabdian tak tergoyahkan, saya juga sekarang dengan sungguh-sungguh berjanji pada diri saya sendiri, sepanjang sisa waktu yang Tuhan berikan kepada saya, untuk menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di jantung bangsa ini,” tuturnya.

Ia meyakini kehidupannya kini akan berubah seiring dengan tanggung jawab baru yang diemban.

“Jadi tak lagi mungkin bagi saya untuk memberikan begitu banyak waktu dan energi untuk amal yang selama ini begtu saya pedulikan,” tuturnya.

“Tetapi saya tahu pekerjaan penting ini akan terus berlanjut di tangan orang lain yang dapat dipercaya.”

Pernyataan tersebut merupakan jadi kesempatan pertama Charles berbicara kepada warga Inggris, Persemakmuran, bahkan Dunia sebagai Raja menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022).

Sementara itu, Charles baru akan diumumkan secara resmi menjadi raja pada Sabtu (10/9/2022), dan ia akan langsung disibukkan dengan prosesi pemakaman Elizabeth.

Keseluruhan prosesi pemakaman kenegaraan itu harus rampung dalam waktu dua pekan.

Charles kemudian masih harus menanti prosesi penobatan, di mana ia akan dimahkotai sebagai Raja Inggris. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer