Monday, April 22, 2024

Survei Terbaru: Popularitas Puan Ungguli Anies, Ganjar, Ridwan Kamil

EraKita.id – Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, Ph.D. mengatakan popularitas Puan Maharani mengungguli sejumlah tokoh lain seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (88 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (87 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (81,7 persen).

Meski unggul secara popularitas, namun Kunto mengakui bahwa Puan masih kurang baik dari sisi favorabilitas atau tingkat kesukaan.

“Rasio favorabilitas dibandingkan popularitas Puan Maharani (0,57), berada di bawah Ganjar (0,89), Prabowo (0,81), dan Anies (0,77),” ucap Kunto dalam program Polemik MNC Trijaya, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Popularitas Ketua DPR RI Puan Maharani memang terus meningkat, bahkan menduduki posisi dua teratas berdasarkan hasil survey Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) yang digelar pada 3-18 Agustus 2022 dengan metode face to face interview.

Ada 1197 responden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah Indonesia.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 88,4 persen responden mengaku tahu sosok Puan Maharani.

“Puan Maharani memiliki popularitas tertinggi kedua,” kata Kunto.

Puan hanya kalah dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebanyak 95,6 persen responden mengaku tahu sosok Prabowo Ketua Umum Partai Gerindra yang sudah berulang kali mengikuti kompetisi pemilihan presiden.

Kunto menambahkan, pendukung Puan mempersepsikan bahwa Puan merupakan tokoh yang cerdas, orang yang baik dan tokoh Perempuan.

“Bagi yang tidak menyenangi Puan sebagai Presiden karena gendernya sebagai Perempuan dan dianggap tidak cocok menjadi pemimpin,” katanya.

Selain itu, status Puan sebagai anak mantan Presiden juga menjadi ganjalan.

Banyak responden yang cendrung menganggap remeh pencapaian politik Puan dan mengaitkan itu sebagai privilege anak mantan presiden.

Elektabilitas Puan Tertinggi Keempat

Selain mengukur popularitas, survei KedaiKOPI ini juga mengukur elektabilitas para kandidat.

Dalam metode survei terbuka dimana responden tak diberi pilihan nama calon, Puan Maharani berada di urutan tertinggi keempat meraih elektabilitas sebesar 9,6 persen.

“Responden yang memilih Puan mengungkapkan alasan mereka bahwa Puan adalah sosok yang tegas dan berani serta cerdas,” kata Kunto.

Puan hanya kalah dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26 persen), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (18 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,5 persen).

Elektabilitas Puan mengungguli nama besar lainnya seperti Ridwan Kamil (7,7 persen), Menteri Pariwisata Sandiaga Uno (1,5 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (1,3 persen).

Kunto pun menilai Puan masih sangat mungkin untuk terus meningkatkan elektabiltasnya karena masih ada cukup banyak waktu sampai Pilpres 2024 digelar.

Apalagi, survei Kedai Kopi terbaru ini juga mengungkapkan bahwa ada kecendrungan responden yang mulai menerima kalangan perempuan sebagai Presiden.

“Mayoritas responden (62,4 persen) meyakini Presiden perempuan dapat mengatasi berbagai masalah bangsa saat ini, seperti mahalnya harga bahan pokok dan penegakan hukum yang bermasalah,” ujar Kunto. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer