Thursday, April 25, 2024

Besok, Puan dan Airlangga Bertemu, Ini Kata Golkar soal Capres

EraKita.id – Rencana pertemuan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani akan digelar pada Sabtu (3/9/2022).

Menurut Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bakal tetap menjadi calon presiden di Pilpres 2024 dan partainya tetap berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Lamhot mengatakan pertemuan antara dua tokoh beda parpol itu hanya sekadar membangun komunikasi politik.

Namun, menurutnya, partainya tak mempersoalkan apakah PDIP akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) atau tidak nantinya.

“Golkar tidak akan bergeser, akan tetap mendukung Airlangga sebagai capres. Tapi kalau nanti kemudian Airlangga-Puan ya kita bicarakan. Misal Puan bersedia menjadi wakilnya Pak Airlangga, nanti kita bicarakan dengan KIB,” kata Lamhot, Jumat (2/9/2022).

Ia menegaskan, Golkar tidak akan meninggalkan KIB dan membangun poros koalisi lain. Lamhot menegaskan, Golkar merupakan salah satu parpol yang memprakarsai pembentukan KIB bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Enggak mungkin, yang sudah dilakukan KIB sudah beberapa tahap dan sudah launching visi misi. Kita solid nanti sampai ujung. Golkar juga prakarsa, jadi enggak akan meninggalkan KIB,” kata Lamhot.

Meski begitu kata Lamhot, KIB membuka diri bagi partai manapun untuk bergabung, termasuk dengan PDIP. Dengan kesamaan visi-misi dan perspektif yang sama, menurutnya, koalisi bisa saja terjadi.

“Jika kemudian PDIP tetarik dengan plafrom yang diusung KIB, seperti misalnya ketahanan pangan dan energi kita lalu seperti politik identitas, kesamaan ini bisa saja membangun koalisi besar. Kembali, PDIP apakah ingin bergabung atau tidak,” tutur Lamhot.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia tidak menutup kemungkinan topik soal koalis antara partainya dengan PDIP akan dibahas dalam pertemuan antara Airlangga dan Puan.

Menurutnya, KIB bukan koalisi parpol yang bersifat eksklusif dan membuka pintu bagi parpol lain yang ingin bergabung.

Airlangga dan Puan direncanakan bertemu pada dalam acara jalan sehat pada Sabtu (3/9). Doli pun menjelaskan pertemuan antar ketum parpol merupakan bentuk silaturahmi yang umum dilakukan.

Puan adalah sosok yang ditunjuk oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjajaki komunikasi politik dengan partai-partai lain. Ia memulai kunjungan pertama dengan mendatangi NasDem Tower. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer