Thursday, April 25, 2024

Tak Larang Prabowo & Ganjar Nyapres, Jokowi: Tak Mungkin Saya Bilang Tidak

EraKita.id – Presiden Joko Widodo mengatakan tidak masalah apabila sikapnya yang mempersilahkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 ditafsirkan sebagai restu kepada keduanya untuk berlaga di Pilpres 2024 sebab dalam sebuah negara demokrasi, mustahil bagi seorang presiden untuk melarang anak buahnya maju sebagai calon presiden.

“Enggak mungkin presiden ada misalnya menteri yang (datang) ke saya untuk menyampaikan itu kemudian saya bilang tidak, enggak bisa,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Ia mengatakan tentunya dirinya tidak melarang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, dan dia pun mempersilakan jika kedua orang itu akan maju jadi capres pada Pemilu 2024.

Hal ini dia sampaikan merespons kabar yang menyebut bahwa dirinya merestui Prabowo dan Ganjar untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Istilahnya, saya kira karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan, ndak, kan enggak gitu mestinya, ya silakan,” kata Jokowi

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengeklaim, Jokowi telah memberi izin kepada Prabowo untuk kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2024. Menurut Dasco, izin itu diberikan ketika Jokowi bertanya langsung kepada Prabowo terkait rencananya untuk kembali maju pada kontestasi nasional mendatang.

“Ya, Pak Prabowo pernah ditanya (oleh Presiden) maju, enggak? Dia bilang kalau Bapak mengizinkan. Dan ternyata, kan, diizinkan untuk maju,” kata Dasco, Kamis (11/8/2022).

Dasco menilai restu Jokowi merupakan salah satu pertimbangan bagi Prabowo untuk maju kembali. “Ya sudah, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya akan maju,” ucapnya.

Selain kepada Prabowo, Jokowi juga dianggap memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar untuk maju sebagai calon presiden saat ia menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Pro Jokowi (Projo) di Magelang, 21 Mei 2022, yang turut dihadiri oleh Ganjar.

Saat itu, Jokowi selaku ketua Dewan Pembina Projo meminta agar relawan pendukungnya tidak terburu-buru membicarakan Pilpres 2024.

Ia meminta organisasi relawan pendukungnya bersabar, sekalipun mungkin yang mereka dukung hadir di tengah-tengah Rakernas. “Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini,” kata Jokowi. Sontak, hadirin bersorak-sorai. Mereka bertepuk tangan, beberapa meneriakkan nama Ganjar Pranowo. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer