Thursday, April 25, 2024

KIB Goda PSI untuk Bergabung, PSI Sebut Tanda-Tanda Alam

EraKita.id – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) melempar godaan ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk bergabung manakala keduanya daftar peserta Pemilu 2024 ke KPU di hari yang sama.

PSI datang ke KPU dipimpin oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha. Mereka tiba di KPU RI, Jakarta Pusat pukul 08.50 WIB. Terlihat Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie turut mendampingi. Tak hanya itu ada pula elite PSI seperti Raja Juli Antoni.

Mereka datang ke KPU mengenakan kaos merah. Mereka juga membawa kertas abjad yang dipamerkan bertuliskan PSI Menang 2024.

Pada hari yang sama, tiga pucuk pimpinan partai KIB juga tiba di KPU, Jakarta Pusat. Kedatangan mereka guna mendaftarkan partai KIB, yakni Golkar, PAN dan PPP, sebagai peserta Pemilu 2024.

Terlihat tiga ketum yang hadir mendaftarkan partainya yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Rombongan tiba di kantor KPU pada pukul 10.18 WIB, Rabu (10/8).

Para ketum partai dan kader nampak mengenakan seragam partai masing-masing. Ketiga ketum partai KIB itu pun tampak melakukan salam jempol bersama-sama.

Iring-iringan marching band dan Reog Ponorogo dan marawis turut memeriahkan kedatangan Airlangga, Zulhas dan Suharso ke KPU. Nampak juga beberapa elite partai masing-masing mendampingi pendaftaran ke KPU.

PSI menyebut pendaftaran di hari yang sama dengan KIB itu bak tanda-tanda alam. PSI menegaskan belum memutuskan koalisi.

“Tadi di bawah saya ditanya ini kok daftarnya bareng dengan KIB ditanya wartawan, saya bilang kami belum mengambil keputusan akan berkoalisi dengan partai mana karena kami tadi kata bro ketum kami pasti punya rembuk rakyat ada 9 kandidat ya, yang sedang kami ajukan kepada masyarakat dan minta rakyat memberikan feedback terhadap 9 ini, tapi kok bisa apa, tanda-tanda alam ini kok bareng dengan KIB,” kata Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni di KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2020).

Kendati demikian, Raja Juli menyebut partainya belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai mana. Raja Juli menyinggung kembali adanya tanda-tanda alam dengan KIB karena daftar di hari yang sama.

“Jadi nanti kita putuskan tapi sepertinya ada tanda-tanda alam ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Raja Juli menyebut pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan partai lainnya. Kata Raja Juli, siapapun capres yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan jadi capres pilihan PSI juga.

“Kalau komunikasi politik selalu kami jalankan dengan kelompok manapun, dengan partai manapun ya, tapi toh akhirnya nanti untuk capres kami yakin apa yang kami pilih sama dengan apa yang dipilih oleh Pak Jokowi jadi capresnya Pak Jokowi, capresnya PSI,” kata Raja.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) siap menyambut PSI bila ingin bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Zulhas menyebut akan menyiapkan karpet biru untuk PSI.

“Dengan senang hati, kita kasih karpet biru. Dengan senang hati,” kata Zulhas di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer