Thursday, April 25, 2024

Partai UKM Indonesia Gabung ke PAN, Energi Baru Pemilu 2024

EraKita.id – Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig mengatakan PAN Jatim terbuka bagi kader dan pengurus Partai UKM Indonesia di Jawa Timur, khususnya jika berminat menjadi caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di seluruh dapil Jawa Timur.

“PAN partai yang terbuka bagi siapapun, termasuk komunitas UMKM dan pengusaha. Kehadiran Partai UKM Indonesia yang bergabung merupakan energi baru untuk memperkuat Jatim basis PAN secara nasional,” kata Riski Sadig yang juga anggota Komisi I DPR RI ini, Minggu (7/8/2022).

Diketahui, rombongan Syafrudin Budiman SIP, Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia dan jajaran Pengurus DPW Provinsi Jatim bersilaturrahmi ke Rumah Partai Amanat Nasional (PAN) Jatim, Jalan Darmo Kali Surabaya.

Partai berbasis pelaku UMKM dan milenial ini diterima Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig, Sekretaris Khusnul Aqib, Ketua Harian Achmad Rubaie dan Wakil Ketua Agus Maimun.

Gus Din sapaan akrab Ketua Umum DPP Partai UKM Indonesia ini langsung dinobatkan sebagai keluarga besar PAN. Ahmad Rizki Sadig selaku nakhoda PAN Jatim memakaikan baju kebesaran PAN kepada Gus Din.

Riski Sadig juga berterima kasih atas kehadiran Gus Din dengan mengawal langsung pengurus DPW Partai UKM Indonesia Provinsi Jawa Timur bersilaturrahmi ke Rumah PAN Jatim. Kata dia, sebagai parpol berbasis UMKM, tentu memiliki jaringan dan kaderisasi yang signifikan, untuk diberikan ruang aspirasi.

“Silakan nyaleg di PAN Jatim, kami akan memberikan ruang seluas-luasnya bagi pengurus Partai UKM Indonesia. Tentunya, kalau terpilih menjadi anggota legislatif, akan lebih paham aspirasi dan perjuangan UKM di Jatim,” tukas mantan Ketua Umum Barisan Muda Partai Amanat Nasional (BM PAN) ini.

Sementara itu, Gus Din yang didampingi Joko Mujono (Sekretaris DPW Partai UKM Indonesia Provinsi Jatim) mengatakan, berterima kasih kepada Riski Sadig yang berkenan menerima rombongan Partai UKM Indonesia. Yang kedua disampaikan kepada Achmad Rubaie yang memediatori pertemuan Partai UKM Indonesia dengan PAN Jatim.

“Partai UKM Indonesia baru berdiri 7 Mei 2021 dan sudah tersebar di 34 Provinsi serta 300-an kabupaten/kita. Namun, tidak memungkinkan mengikuti verifikasi faktual, sehingga atas peran Mas Rubaie kami bisa berfusi atau bergabung bersama PAN,” terang Gus Din yang juga aktivis Mahasiswa ’98 asal Surabaya inim

Dengan melimpahkan kader dan pengurus Partai UKM Indonesia di berbagai Indonesia, lanjut Gus Din, memerlukan perjuangan bersama. Dan, Partai UKM Indonesia merasa jodoh dengan PAN yang ketua umum-nya seorang pedagang yang saat ini menjadi Menteri Perdagangan.

“Alhamdulillah kami sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP PAN dimediatori Mas Rubaie. Pertemuan silaturahmi ini bersama Mas Rizki Sadig Ketua DPW PAN Jatim adalah untuk mengeratkan dukungan Partai UKM Indonesia ke PAN Jatim,” tandas mantan Ketua Umum Relawan Jokowi Barisan Pembaharuan (BP) ini.

Gus Din menjelaskan, Partai UKM Indonesia akan mewakafkan dan menshodaqoh-kan kader-kader terbaik untuk maju sebagai Bakal Calon Anggota DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Agar Partai UKM Indonesia bisa berjuang bersama memenangkan PAN menjadi parpol nomor empat atau lima besar nasional.

“Jaringan anggota, simpatisan, pengurus dan kader Partai UKM Indonesia akan disinergikan secara efektif di semua tingkatan. Sehingga, sesuai menjadi slogan UKM untuk PAN dan PAN pilihan UKM, serta PAN Perjuangan UKM,” pungkas Gus Din cicit Hasan Gipo (Hasan Basri) Ketua Umum Pertama PBNU asal Ampel, Surabaya ini.

Achmad Rubaie selaku Ketua Harian DPW PAN Jatim yang menjadi mediator berjodohnya Partai UKM Indonesia dan PAN mengatakan, ada empat aspirasi Partai UKM Indonesia kepada PAN. Dimana aspirasi ini menjadi landasan perjuangan dan penyatu untuk memenangkan PAN secara bersama-sama.

“Poin pertama menitipkan aspirasi suara di Pemilu 2024, menitipkan perjuangan dan aspirasi pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang di seluruh Indonesia. Selanjutnya, menitipkan kader-kader terbaik sebagai Caleg DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Terakhir mengusulkan Erick Thohir sebagai Capres 2024,” papar Rubaie politisi senior dan pendiri PAN Jatim ini.

“Bagaimanapun basis dan kader Partai UKM Indonesia adalah basis yang belum tentu pernah digarap PAN. Sehingga, dengan bergabungnya Partai UKM Indonesia akan saling menguntungkan dalam perjuangan kedepan,” imbuhnya.

Dalam pertemuan silaturahmi Partai UKM Indonesia ke Rumah PAN Jatim dihadiri tokoh pengusaha dan politisi Partai UKM Indonesia. Di antaranya, Joko Mujono ST (Sekretaris DPW Partai UKM Indonesia/Kontraktor), Dr. H. Kholili, SH, MH (Pengusaha Bangkalan), Abd Aziz Salim Syabibi, ST (Pengusaha/Bacaleg DPR RI), Tatang Saptoaji, SE (Ketua APINDO Sumenep), Rizal Sulistianto, SM (Pengembang/Bacaleg DPRD Sumenep), Rizqi Sulistianto, SKom (Pengembang/Bacaleg DPRD Jatim), Abdullah Amas (Wartawan/Bacaleg DPRD Jatim) dan Grace Evi Ekawati, SE, SH, MH (Pengusaha/Tokoh Olahraga Basket Jatim). (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer