Thursday, April 25, 2024

Istilah Cebong, Kadrun, Kampret Bakal Tetap Ramaikan Pemilu 2024

EraKita.id – Pendiri Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi mensinyalir istilah-istilah seperti kadrun, cebong, kampret masih akan meramaikan jagat media sosial jelang Pemilu 2024, dan bahkan akan berpotensi menjadi pemecah sehingga polarisasi akan terus terbawa.

“Dalam periode 1 tahun terakir setelah pilpres lewat (sejak Januari 2022 hingga April), tradisi saling menyebut kelompok netizen dengan panggilan di atas masih terus berlangsung. Polarisasi yang dilabeli dengan nama-nama ini terus berjalan dan seolah dipelihara”, Ujar Ismail Fahmi dalam paparannya mengenai ‘Pemilu 2024, Pesta Siapa?’ yang diselenggarakan Liputan6.com Rabu (3/8/2022).

Dia juga menerangkan dari beberapa panggilan tersebut, istilah Kadrun paling sering muncul dan dilakukan oleh Netizen.

“Pasca Pilpres sebutan ‘Kadrun’ yang paling sering dilakukan (54 persen). sisanya dibagi untuk sebutan ‘kampret’,’buzzerRp’,dan ‘cebong'” ujarnya.

Ismail menilai seiring dengan masih banyaknya sebutan-sebutan tersebut, maka besar kemungkinan polarisasi akan tetap terjadi.

“Semakin sering panggilan-panggilan ini disebutkan, semakin polarisasi jadi besar dan terus terjaga. Berdasarkan data 1 tahun terakhir, penyebutan ‘kadrun’ yang paling besar kontribusinya”. Katanya

Hal ini disebut akan menjadi Pr bersama untuk dapat mengurangi panggilan tersebut agar masalah polarisasi netizen jelang Pemilu 2024 dapat terselesaikan. (*)

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer