Thursday, April 25, 2024

Cak Imin Klaim Direstui Presiden Jokowi Maju ke Pilpres 2024

EraKita.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengeklaim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan restu kepada siapa saja tokoh, termasuk dirinya, yang ingin maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Pak Jokowi pasti mendukung semua calon. Presiden memang harus merestui semuanya,” kata Muhaimin dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022) dikutip kompas.com.

Dia melanjutkan, banyak pihak yang telah mendukungnya maju sebagai calon presiden (capres). Sebagai contoh, di Ambon, Maluku, Cak Imin menyebutkan dukungan untuk maju sebagai capres terus bermunculan. Dukungan itu disebut berasal dari sejumlah elemen masyarakat mulai dari kelompok milenial Ambon, pengemudi ojek online, hingga Perempuan NU.

“Saya sangat terharu, bersyukur dan bangga. Dukungan ini memberikan semangat bagi saya untuk bekerja lebih keras lagi untuk kemajuan bangsa. Dari Maluku, kita songsong Indonesia yang lebih adil, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Mengenai koalisi partai politik, Cak Imin menegaskan bahwa hingga kini PKB kian mesra dengan Partai Gerindra. Ia menyatakan, kedua partai terus melakukan berbagai pertemuan untuk mematangkan koalisi dan membuat sejumlah program secara bersama-sama.

Salah satu kegiatan yang dilakukan bersama dalam waktu dekat yaitu pendaftaran sebagai parpol calon peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kegiatan ini akan dilakukan pada Senin (8/8/2022). “Setelah mendaftar ke KPU bersama Gerindra nanti disusul beberapa event. Saya kira masih ada waktu 1,5 tahun kesempatan untuk mengajak semua partai-partai bersatu,” tutur dia.

Mengenai posisi capres dan cawapres dalam koalisi dengan Gerindra, Cak Imin menilai hal tersebut akan dibicarakan lebih lanjut. “Soal siapa dan bagaimana posisi-posisi, itu bagian teknis saja yang penting ada tekad untuk secara bersama-sama memperbaiki Indonesia menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Diketahui, Cak Imin menjadi salah satu tokoh yang getol maju pada Pilpres 2024. Keinginan itu pun juga didukung partainya, PKB.

Namun, lantaran koalisi dengan Gerindra, PKB juga siap apabila Cak Imin menjadi calon wakil presiden (cawapres).

“Ya kalau koalisi PKB-Gerindra, tentu fatsun politiknya Gerindra secara kursi 78. Artinya, ketika koalisi dibangun tentu juga berbasis pada fatsun politik. PKB 58 kursi,” kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda saat dihubungi, Kamis (28/7/2022).

“Jadi kalau Gerindra ngambil kursi capres ya itu wajar. Dan PKB ngambil posisi cawapres sangat wajar. Karena bagian dari fatsun politik,” sambungnya. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer