Thursday, April 25, 2024

Hensat: DPR Harus Kawal Dana Pemilu 2024, Pemerintah Harus Berani Umumkan!

EraKita.id – Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio atau Hensat menilai para wakil rakyat di DPR harus bisa mengawal ketersediaan dana Pemilu 2024, sebab pemilu tak akan terlaksana tanpa adanya dana pemilu.

“Jadi ketersediaan dana pemilu ini sebuah keniscayaan untuk mewujudkan atau terselenggaranya Pemilu 2024. Jadi ini sebetulnya yang harus dipastikan para parpol kemarin yang mendaftar,” jelasnya, kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

“Ya tanpa ketersediaan dana tentu akan tidak terlaksana, dan jahat betul pemerintah saat ini bila ketersediaan dana untuk Pemilu 2024 itu tidak ada atau tidak disiapkan, jahat itu, karena harusnya pemerintah yang pertama diprioritaskan adalah anggaran untuk demokrasi,” sambung Hensat.

Lebih lanjut, Hensat membeberkan cara mengetahui apakah dana pemilu tersedia atau tidak, yaitu pemerintah harus berani mengumumkan itu.

“Ya pemerintah harus umumkan itu. Kemenkeu atau Menkeu Sri Mulyani bisa mewakilkan pemerintah untuk menjabarkan secara gamblang dan transparan kepada publik bahwa memang uangnya tersedia. Pemerintah harus segera sampaikan ke publik bahwa anggaran itu sudah ada dan tersedia sehingga Pemilu 2024 pasti bisa dilaksanakan. Pastikan dana Pemilu 2024 itu ada dan tersedia, bukan cuma tulisan tapi memang benar benar ada,” ujar dia.

Ia menyambut kemeriahan partai-partai politik yang mulai mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024. Namun, ketersediaan dana jadi keniscayaan terselenggaranya Pemilu 2024.

Menurutnya, perhelatan Pemilu 2024 sesungguhnya sudah dimulai sejak parpol mulai mendaftar Pemilu ke KPU.

“Perhelatan proses Pemilu 2024 kan sudah dimulai kemarin, parpol-parpol sudah mulai mendaftar, ada beberapa parpol yang sudah mendaftar atau sudah ada di Senayan kemarin mendaftar, seperti PDIP, NasDem, PKS kalau nggak salah. Nanti tanggal 8 Gerindra PKB kemudian beberapa lagi akan menyusul,” kata Hensat

Hensat menilai positif dimulainya perhelatan pemilu lantaran kepastian peralihan kepemimpinan 2024 akan terwujud. Meski begitu, menurutnya, ada poin penting lainnya, yakni dana pemilu.

“Tapi menurut saya ada satu hal yang harus juga dikawal oleh para parpol yang mendaftar di KPU sebagai peserta Pemilu, yaitu kepastian dana penyelenggaraan Pemilu 2024,” tandasnya. (*)

 

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer